20+ Contoh Soal Psikotest Dan Situs Penyedia Psikotest Gratis

materipintar

Sebelum diterima bekerja di sebuah perusahaan, biasanya kandidat akan diminta untuk menjalani sejumlah tes, salah satunya adalah tes psikotes.

Bagi kandidat yang ingin mempersiapkan diri, terdapat banyak situs tes psikotes online yang dapat diakses secara gratis.

Namun, apa saja contoh soal tes psikotes kerja yang biasanya muncul? Berikut ini adalah penjelasannya.

Baca Cepat show

Apa itu Tes Psikotes?

Tes psikologi atau lebih sering disebut dengan tes psikotes adalah salah satu syarat wajib untuk melamar kerja yang sering diterapkan oleh banyak perusahaan.

Psikotes memiliki arti sebagai bentuk evaluasi atau tes tertulis, visual atau verbal yang dilakukan oleh psikolog guna menilai fungsi kognitif dan emosional seseorang.

Kini ada banyak tes psikotes gratis yang bisa kamu akses di internet. Perlu diketahui, tes ini akan menilai berbagai kemampuan dan atribut mental, pencapaian dan kemampuan, kepribadian, serta fungsi neurologis seseorang.

Tes psikotes online yang diakses secara gratis bisa mengobservasi tingkah laku seseorang dan hasilnya akan digambarkan melalui skala angka atau berdasarkan kategori. Bahkan hingga karakter yang bisa membantu memetakan potensi dan kemampuan seseorang.

Apa itu Tes Psikotes Kerja?

Tes psikotes kerja adalah jenis tes psikologi yang diterapkan oleh perusahaan untuk menilai karakteristik dan kepribadian calon karyawan.

Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui apakah kandidat cocok dengan perusahaan dan pekerjaan yang dilamar.

Tes psikotes kerja biasanya terdiri dari berbagai macam tes, seperti tes kepribadian, tes kemampuan verbal dan numerik, tes logika, tes spatial, dan tes memori.

Tes ini dirancang untuk menilai berbagai aspek kognitif dan emosional seseorang, seperti kemampuan analitis, kreativitas, ketelitian, kepercayaan diri, dan kemampuan berkomunikasi.

Dalam beberapa kasus, tes psikotes kerja juga dapat melibatkan tes fisik atau tes kesehatan untuk memastikan bahwa kandidat memenuhi persyaratan untuk pekerjaan tertentu.

Jenis-Jenis Soal Psikotes

Tes psikotes adalah salah satu syarat wajib dalam proses seleksi kerja di banyak perusahaan.

Jenis-jenis soal psikotes yang umumnya muncul meliputi tes kepribadian, tes kognitif, tes logika, tes kemampuan numerik, dan tes kecepatan berpikir.

Dalam artikel ini, akan dibahas secara detail tentang jenis-jenis soal psikotes dan cara mempersiapkan diri menghadapi tes psikologi. Yuk Simak Dibawah ini yah!

Tes Kepribadian

Tes kepribadian adalah salah satu jenis tes psikologi yang digunakan untuk mengetahui karakter dan sifat dasar seseorang.

Tes ini bertujuan untuk menilai kepribadian seseorang, termasuk bagaimana cara individu berpikir, merasa, dan bertindak.

Tes Kognitif

Tes kognitif adalah tes yang menilai kemampuan berpikir dan memproses informasi seseorang. Tes ini meliputi kemampuan verbal, nonverbal, serta kemampuan berpikir logis dan kreatif.

Tes Logika

Tes logika adalah jenis tes psikologi yang mengevaluasi kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah dengan menggunakan logika dan akal sehat.

Tes ini meliputi kemampuan analitis, deduktif, induktif, serta kemampuan berpikir kritis.

Tes Kemampuan Numerik

Tes kemampuan numerik adalah jenis tes yang menilai kemampuan seseorang dalam memahami dan menggunakan angka serta konsep matematika. T

es ini meliputi kemampuan perhitungan, pemecahan masalah matematika, serta pemahaman terhadap konsep-konsep matematika.

Tes Kecepatan Berpikir

Tes kecepatan berpikir adalah jenis tes psikologi yang mengevaluasi kemampuan seseorang dalam memproses informasi dengan cepat dan akurat.

Tes ini meliputi kemampuan pemahaman dan pengambilan keputusan dalam situasi yang cepat dan dinamis.

Tes psikotes terdiri dari berbagai jenis tes, termasuk tes kepribadian, tes kognitif, tes logika, tes kemampuan numerik, dan tes kecepatan berpikir.

Setiap tes memiliki tujuan dan cara pengukuran yang berbeda-beda. Tes ini digunakan oleh perusahaan sebagai alat untuk menilai karakter, kemampuan, dan potensi kandidat yang melamar pekerjaan.

Persiapan menghadapi tes psikotes dapat dilakukan dengan membaca buku-buku tentang psikotes, melakukan latihan soal, serta memperbaiki kemampuan verbal, numerik, dan logika.

Tips Persiapan Untuk Mengerjakan Psikotest

Beberapa tips yang dapat membantu kamu mempersiapkan diri menghadapi tes psikotes:

  • Cari tahu jenis-jenis tes psikologi yang mungkin muncul dalam seleksi kerja dan pelajari contoh soalnya.  Dengan mengetahui jenis tes dan contoh soalnya, kamu dapat lebih siap dan percaya diri saat menghadapi tes.
  • Lakukan latihan mengerjakan soal psikotes secara rutin. Latihan ini dapat membantu kamu meningkatkan kecepatan dan akurasi dalam menjawab soal.
  • Istirahat yang cukup sebelum mengikuti tes psikologi. Pastikan kamu mendapatkan istirahat yang cukup agar keadaan fisik dan mentalmu dalam keadaan yang baik saat menghadapi tes.
  • Hindari mengonsumsi obat-obatan terlarang atau minuman beralkohol sebelum mengikuti tes. Hal ini dapat mempengaruhi kondisi fisik dan mentalmu dan memengaruhi hasil tes.
  • Bawa perlengkapan yang dibutuhkan, seperti kalkulator dan pensil, serta peralatan pribadi seperti air minum dan makanan ringan untuk menghindari rasa lapar atau kehausan saat mengerjakan tes.
  • Jangan terlalu banyak memikirkan hasil tes. Fokuslah pada mengerjakan soal secara baik dan benar. Jangan terlalu khawatir dengan hasilnya karena hal tersebut dapat mempengaruhi konsentrasi dan kinerja kamu dalam mengerjakan tes.
  • Terakhir, cobalah untuk bersikap positif dan percaya diri saat menghadapi tes. Hal ini dapat membantu kamu menghadapi tes dengan lebih tenang dan fokus pada mengerjakan soal secara benar dan baik.

Situs Penyedia Psikotest Online Gratis

Jika kamu ingin mencoba tes psikologi atau psikotes online, kamu dapat mengakses beberapa situs di bawah ini.

Propfos.com

Situs propfos.com menawarkan berbagai macam contoh soal tes psikotes gratis yang dapat kamu kerjakan.

Situs ini memiliki lebih dari 40 pilihan bahasa dan beragam fitur menarik.

Untuk memulai tes, kamu dapat klik pada kolom ‘Quizzes’, kemudian pilih bahasa dan pilih ‘Latihan Tes Psikotes’.

Psikotesyuk.com

Situs psikotesyuk.com memberikan tes psikotes gratis. Namun, kamu perlu membuat akun terlebih dahulu sebelum mengerjakannya.

Ada beberapa macam contoh soal psikotes yang dapat kamu kerjakan, seperti tes ketelitian, tes bangun ruang, tes aritmatika dasar, dan tes verbal.

Selain itu, situs ini juga menyediakan beberapa modul contoh soal psikotes yang bisa kamu unduh.

Latihanpsikotes.com

Situs latihanpsikotes.com lebih fokus pada contoh soal psikotes yang digunakan oleh perusahaan.

Selain itu, kamu juga dapat mengunduh soal psikotes gratis, serta contoh soal yang disertai dengan pembahasan dan jawabannya.

Tipscv.com

Situs tipscv.com menyediakan tes psikotes kepribadian online, dan kamu dapat memilih contoh soal psikotes dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Kamu juga dapat mengunduh soal tes psikotes dan jawabannya beserta pembahasannya tanpa harus membuat akun terlebih dahulu.

Golife.id/psikotes/

Situs golife.id/psikotes/ menyediakan simulasi tes psikotes kepribadian gratis yang dapat digunakan untuk kebutuhan asesmen diri, tingkat intelegensi, kepribadian, dan kebutuhan tes penilaian kerja.

Tes online ini dirancang untuk membantu kamu mengeksplorasi diri dan mengetahui karakter serta potensi diri. Hasil dari tes akan terlihat setelah kamu menyelesaikan contoh soal yang diberikan.

20 Contoh Soal Psikotes

Tes Aritmatika

1. Seorang pekerja pergi ke kantor dengan naik motor. Jarak antara rumahnya dengan kantor adalah 15 km.

Kecepatan rata-rata yang dia gunakan untuk pergi ke kantor adalah 30 km/jam dan untuk pulang ke rumahnya adalah 20 km/jam.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan ke kantor dan kembali lagi ke rumah jika dia menghabiskan waktu di kantor selama 8 jam?

a. 5 jam
b. 5,5 jam
c. 6 jam
d. 6,5 jam
e. 7 jam

Jawaban: d. 6,5 jam

Penjelasan:

Waktu yang dibutuhkan untuk pergi ke kantor adalah 15 km/30 km/jam = 0,5 jam atau 30 menit.

Waktu yang dibutuhkan untuk pulang ke rumahnya adalah 15 km/20 km/jam = 0,75 jam atau 45 menit.

Total waktu perjalanan pergi dan pulang adalah 30 menit + 45 menit = 75 menit atau 1,25 jam.

Jadi, waktu yang tersisa untuk dihabiskan di kantor adalah 8 jam – 1,25 jam = 6,75 jam. Maka, waktu total yang dibutuhkan adalah 1,25 jam + 1,25 jam + 6,75 jam = 9,25 jam.

Namun, karena pertanyaan hanya menanyakan waktu perjalanan, maka waktu total yang dibutuhkan adalah 6,25 jam atau 6 jam 30 menit.

2. Dalam satu hari, sebuah pabrik mampu memproduksi 1200 barang. Jika dalam seminggu pabrik tersebut bekerja selama 6 hari, berapa banyak barang yang diproduksi selama seminggu?

a. 6000 barang
b. 7000 barang
c. 7200 barang
d. 8400 barang
e. 9000 barang

Jawaban: c. 7200 barang

Penjelasan:

Jumlah barang yang diproduksi dalam sehari adalah 1200 barang. Jumlah barang yang diproduksi dalam seminggu adalah 1200 barang x 6 hari = 7200 barang.

3. Jika suatu lapangan memiliki luas 4800 m², dan panjang lapangan tersebut adalah dua kali lebarnya, maka berapa panjang dan lebar lapangan tersebut?

Jawaban: Panjang lapangan adalah 80 m dan lebarnya adalah 40 m.

Penjelasan:

Luas lapangan = panjang x lebar
4800 = 2x x x
4800 = 2x²
x² = 2400
x = 40

Maka panjang lapangan = 2x = 80 m

4. Jika suatu botol air mineral berisi 1,5 liter, dan kamu ingin membeli 12 botol air mineral, maka berapa liter air mineral yang akan kamu beli?

Jawaban: Kamu akan membeli 18 liter air mineral.

Penjelasan:

Jumlah air mineral yang akan dibeli = volume air mineral x jumlah botol air mineral
Jumlah air mineral yang akan dibeli = 1,5 x 12 = 18 liter

5. Jika suatu tim beranggotakan 8 orang dan mereka harus membagi tugas yang sama rata, maka berapa banyak tugas yang harus dilakukan oleh masing-masing orang?

Jawaban: Setiap orang harus melakukan satu tugas.

Penjelasan:

Jumlah tugas = total tugas / jumlah orang
Jumlah tugas = 1 / 8 = 0,125
Maka setiap orang harus melakukan satu tugas.

6. Jika suatu kelas memiliki 30 siswa dan hanya tersedia 25 buah buku pelajaran, maka berapa banyak siswa yang tidak akan mendapatkan buku pelajaran?

Jawaban: Ada 5 siswa yang tidak akan mendapatkan buku pelajaran.

Penjelasan:

Jumlah siswa yang tidak mendapatkan buku = jumlah siswa – jumlah buku
Jumlah siswa yang tidak mendapatkan buku = 30 – 25 = 5 siswa

Tes Kepribadian

contoh soal tes kepribadian:

1. Apakah kamu lebih suka bekerja sendiri atau dalam tim?

a. Aku lebih suka bekerja sendiri karena bisa fokus pada tugas-tugas yang harus aku selesaikan.
b. Aku lebih suka bekerja dalam tim karena suka bekerja bersama orang lain dan saling berkolaborasi.

Penjelasan: Soal ini dapat membantu menilai apakah seseorang cenderung lebih introvert atau ekstrovert dalam bekerja.

2. Bagaimana cara kamu mengatasi stres dalam pekerjaan atau aktivitas sehari-hari?

a. Aku cenderung menghindari situasi yang dapat menyebabkan stres.
b. Aku cenderung mencari solusi dan menghadapi situasi stres secara langsung.

Penjelasan: Soal ini dapat menilai apakah seseorang cenderung memiliki kemampuan mengatasi stres yang baik atau kurang baik.

3. Apakah kamu senang mencoba hal-hal baru atau lebih suka pada rutinitas yang sama?

a. Aku senang mencoba hal-hal baru dan suka merasakan pengalaman baru.
b. Aku lebih suka pada rutinitas yang sama karena dapat memberikan stabilitas dan keamanan.

Penjelasan: Soal ini dapat membantu menilai seberapa besar seseorang memiliki keinginan untuk mencoba hal-hal baru atau memiliki kecenderungan pada rutinitas yang sama.

4. Bagaimana cara kamu mengambil keputusan?

a. Aku cenderung mengambil keputusan berdasarkan perasaan dan intuisi.
b. Aku cenderung mengambil keputusan berdasarkan logika dan data yang ada.

Penjelasan: Soal ini dapat menilai apakah seseorang cenderung membuat keputusan berdasarkan emosi atau lebih cenderung pada logika dan data.

5. Apakah kamu mudah bergaul dengan orang baru atau lebih suka bersama orang yang sudah dikenal sebelumnya?

a. Aku mudah bergaul dengan orang baru dan suka mengenal orang-orang baru.
b. Aku lebih suka bersama orang yang sudah dikenal sebelumnya karena merasa lebih nyaman.

Penjelasan: Soal ini dapat menilai seberapa besar seseorang memiliki kemampuan untuk bersosialisasi dan mudah bergaul dengan orang baru atau lebih cenderung pada lingkungan yang sudah dikenal sebelumnya.

Tes Kognitif

contoh soal tes kognitif beserta jawaban dan penjelasannya:

Soal Tes Kemampuan Numerik

Jika suatu perusahaan memiliki 12 karyawan wanita dan 8 karyawan pria, maka persentase karyawan wanita adalah…
A. 60%
B. 40%
C. 70%
D. 30%
Jawaban: A (60%)
Penjelasan: Persentase karyawan wanita dapat dihitung dengan rumus (jumlah karyawan wanita / total karyawan) x 100%. Jadi, persentase karyawan wanita adalah (12 / 20) x 100% = 60%.

Soal Tes Verbal

Antonim dari kata “senang” adalah…
A. Sedih
B. Marah
C. Gembira
D. Bahagia
Jawaban: A (Sedih)
Penjelasan: Antonim adalah kata yang memiliki arti kebalikan dengan kata lainnya. Jadi, antonim dari “senang” adalah “sedih”.

Soal Tes Kemampuan Berpikir Logis

Urutan angka pada pola berikut adalah 6, 9, 12, 15, ____
A. 17
B. 18
C. 19
D. 20
Jawaban: B (18)
Penjelasan: Pola pada urutan angka adalah +3. Jadi, angka berikutnya adalah 15 + 3 = 18.

Soal Tes Kemampuan Spatial

Gambar manakah yang merupakan gambar bayangan dari gambar di sebelah kiri?

  1. |||| |||| |||| ||||
  2. |||| |||| |||| ||||
  3. ||X|| |||X| |||| ||||
  4. |||| |||| |||X| ||X||

Jawaban: Gambar ke-3
Penjelasan: Bayangan gambar adalah gambar yang dibentuk ketika gambar diputar atau dipindahkan dalam suatu bidang. Jadi, gambar ke-3 adalah bayangan dari gambar di sebelah kiri.

Soal Tes Kemampuan Mengingat

Berapa nomor telepon yang tertera pada kartu nama di bawah ini?
|—————————-|
| Nama: Arief Budiman |
| Jabatan: Marketing Manager |
| No. Telepon: 081234567890 |
|—————————-|
Jawaban: 081234567890
Penjelasan: Nomor telepon tertera pada kartu nama adalah 081234567890.