Bhinneka Tunggal Ika : Arti, Fungsi, dan Tokoh Yang Mengusulkannya

By | August 5, 2019

Bhinneka Tunggal Ika – Jika Anda orang Indonesia pasti akan tahu semboyan dari bangsa Indonesia, apa semboyannya? Ya benar, Bhinneka tunggal ika. Bhinneka tunggal ika  merupakan semboyan bangsa Indonesia artinya yakni berbeda-beda tetap satu jua. Namun apakah Anda memahami dan mengerti mengapa semboyan bhinneka tungga ika digunakan? Lalu apa fungsinya? Apa makna bhinneka tunggal ika?

Nah, dalam artikel di bawah ini akan dibahas mengenai bhinneka tunggal ika, lalu apa saja yang akan dibahas? Yakni sebagai berikut pengertian bhinneka tunggal ika, fungsi bhinneka tunggal ika, serta integrasi nasional dalam bingkai bhinneka tunggal ika. Langsung saja yang akan dibahas yakni sebagai berikut:

Pengertian Bhinneka Tunggal Ika

bhinneka tunggal ika

Bhinneka tunggal ika adalah dasar untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan Indonesia. bhinneka tunggal ika dalam kehidupan sehari-hari dilaksanakan dengan teknik hidup saling menghargai antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya tanpa memandang suku bangsa, agama, bahasa, adat istiadat, warna kulit dan lain-lainnya.

Apa arti bhinneka tunggal ika yakni beraneka satu itu, kalimat bhinneka tunggal ika berasal dari Bahasa Jawa kuno. Makna bhinneka tunggal ika bisa dikatakan bahwa beraneka ragam tetapi masih tetap satu jua. Maka dari itu makna bhinneka tunggal ika yakni berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Seperti yang telah di ketahui bahwa Indonesia negara kepulauan yang terdiri dari beribu-ribu pulau, setiap wilayah mempunyai adat istiadat, bahasa, aturan, kebiasaan dan lain-lain yang bertolak blakang antara yang satu dengan yang lainnya tanpa adanya kesadarna sikap untuk mengawal bhinneka tunggal ika, tentunya akan banyak sekali kekacauan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dengan semboyan bhinneka tunggal ika Indonesia bisa dipersatukan dan semua keberagaman tersebut menjadi satu bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan makna bhinneka tunggal ika begitu melekat pada jiwa bangsa Indonesia.

Yang mengususlkan semboyan bhinneka tunggal ika agar dijadikan semboyan negara adalah M. Yamin. Usulan ini ia sampaikan secara tertutup tokoh lain seperti Bung Hatta sekalipun mengra ide mengenai Bhinneka Tunggal Ika berasal dari Soekarno. M. Yamin bukan sekedar politikus, ia juga seorang ahli hukum, budayawan, sastrawan sekaligus sejarawan. Bhinneka Tunggal Ika merupakan petikan kalimat yang ia ambil kita Sutasumo Mpu Tantular yang hidup di masa kebesaran Kerajaan Majapahit.

Fungsi Bhinneka Tunggal Ika

Semboyan bhinneka tunggal ika mempunyai fungsi yang sangat penting bagi bangsa Indonesia, fungsi-fungsinya yaitu:

  1. Indonesia adalah negara yang wilayahnya sangat luas dan penduduka yang banyak. Keberagaman peduduk sudah dapat dipastikan ada sejak sebelum masa kolonial hingga sekarang. Lebih dari 13.000 pulau yang dimilki Indonesia dan semua pulau tersebut mempeunyai keberagaman dan cirikhas masing-masing yang membuat Indoensia sangat kaya dengan keanekaragaman budaya dari Sabang sampai Merauke. Maka dari itu sangat penting dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan bangsa Indonesia yang terdiri atas beragam suku, ras dan agama.
  2. Menghambat konflik yang didasari oleh perbedaan entah itu kepentingan pribadi maupun kelompok

Bangsa Indonesia merupakan suatu bangsa yang besar, yang didalamnya terdiri atas kelompok atau golongan, kelompok-kelompok ini mempunyai kepentingan dan tujuan yang berbeda-beda. Kadang kala daam suatu perbedaan antar kelompok dapat menimbulkan konflik.

Konflik inilah yang akan menyebabkan terpecahnya kesatuan dari bangsa Indonesia, sehingga apabila hal ini terjadi, diperlukan peran yang sangat penting dari pancasila sebagai alat permersatu bangsa, apabila terjadi suatu perbedaan pendapat yang dapat menimbulan terpecahnya konflik anatar golongan.

  1. Mempertahankan kesatuan Bangsa Indonesia
  2. Membantu mewujudkan cita-cita luhur Bangsa Indonesia
  3. Mewujudkan Masyarakat madani
  4. Mewujudkan Perdamaian Indonesia

Bangsa Indonesia sudah kita ketahui bahwa dari dulu Bangsa Indonesa hidup di dalam keanekaragaman, tetapi hal ini tidak pernah menampilkan persetuan antar rakyat indonesia. Keberagaman yang ada di pakai untuk membentuk suatu Negara yang besar. Keberagaman yang terjadi baik itu di dalam segi kepercayaan, warna kulit, suku bangsa, agama, bahasa, menjadikan Bangsa Indonesia merupakan suatu Bangsa yang besar dan berdaulat.

Sejarah Bhinneka Tunggal Ika

Sejarah mencatat bahwa semua anak bangsa yang tergabung dalam berbagai macam suku turut serta memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dengan mengambil peran masing-masing. Keberagaman menjadi sebuah realitas yang tidak bisa dihindari di dalam negeri ini.

Konsep bhinneka tunggal ika adalah sebuah semboyan yang dijadikan dasar negara Indonesia. Oleh sebeb itu, bhinneka tunggal ika patut dijadikan sebagai landasan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan di dalam bngsa Indonesia.

Kita sebagai generasi selanjutnya yang bisa menikmati kemerdekaan dengan mudah, haruslah bersungguh-sungguh dalam menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kita dapat saling menghargai dengan masyarakat tanpa saling memikirkan percampuran suku bangsa, ras, agama, bahasa dan keanekaragaman lainnya.

Integrasi Nasional dalam Bhinneka Tunggal Ika

Apa itu integrasi nasional? Menurut Paul B. Horton, Integrasi adalah proes pengembangan masyarakat, dimana segenap kelompok ras dan etnik mampu berperan secara bersama-sama dalam kehidupan budaya dan ekonomi. Oleh karena itu integrasi yakni suatu yang diharapkan dalam kehidupan masyarakat, maka harus tetap di jaga kelangsungannya.

Integrasi nasional identik dengan integrasi bangsa yang berarti suatu proses penyatuan atau perubahan berbagai aspek sosial budaya ke dalam suatu wilayah dan pembentukan nasional atau bangsa.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita harus memiliki rasa integrasi nasional yaitu suatu sikap kepedulian terhadap sesama serta memiliki rasa persatuan tinggi baik terhadap bangsa negara, agama serta keluarga. Untuk meningkatkan integritas nasional dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

  1. Membangun dan menghidupkan komitmen, kesadaran dan kehendak untuk bersatu.
  2. Membangun kelembagaan di masyarakat yang berakarkan pada nilai dan norma yang menyuburkan persatuan dan kesatuan bangsa serta tidak memandang perbedaan suku, agama, ras, keturunan, etnis dan perbedaan-perbeddaan lainnya yang sebenarnya tidak perlu diperdebatkan.
  3. Meningkatkan integrasi bangsa, yaitu penyatuan berbagai macam kelompok sosial budaya dalam satu kesatuan wilayah dan dalam satu identitas nasional.
  4. Mengembangkan perilaku integratif di Indonesia dengan upaya bekerja sama dalam berorganisasi dan berperilaku sesuai dengan cara yang dapat membantu tujuan organisasi.
  5. Meningkatkan integritasi nilai diantara masyarakat dan integrasi nilai di Indonesia ada dalam Pancasila dan UUD 1945 sebagi sistem nilai bersama.

Nah dari penjelasn diatas mengenai makna bhinneka tunggal ika adalah Indonesia memiliki keberagaman yang sangat unik mulai dari suku, agama, ras adat istiadat dan lainnya, maka dengan adanya semboyan bhinneka tunggal ika, meskipun berbeda namun tetap satu.

Baca juga : Nilai Nilai Pancasila

Dengan perbedaan itu maka bukan alasan kita menjadi terpecah belah malah justru menjadi pelengkap kita untuk menjadi satu. Warga negara yang baik adalah yang bisa manjaga integritas nasional dalam bingkai bhinneka tunggal ika. Terimakasih kepada pembaca sudah membaca dan menyimak artikel makna bhinneka tunggal ika diatas dari awal hingga akhir, semoga ilmunya bermanfaat. mohon maaf jika terdapat kekurangan dalam penulisan artikel diatas.