Daftar Negara Di Dunia

materipintar

Geografi merupakan ilmu yang mempelajari lokasi dan variasi keruangan atas fenomena fisik dan manusia di permukaan bumi.

Geografi tak hanya sekedar kartografi atau studi tentang peta, melainkan lebih dari itu.

Geografi dapat menjawab pertanyaan apa dan di mana sesuatu terjadi di atas bumi, serta mengapa hal tersebut terjadi di lokasi tertentu dan tidak di tempat lainnya.

Oleh karena itu, Geografi sering diartikan dengan “lokasi pada ruang.” Selain itu, Geografi juga mempelajari penyebab dan akibat yang terjadi baik yang disebabkan oleh alam maupun oleh manusia.

Negara, di sisi lain, adalah wilayah di permukaan bumi yang kekuasaannya diatur oleh pemerintahan yang berada di wilayah tersebut. Kekuasaan ini mencakup aspek politik, militer, ekonomi, sosial, dan budaya.

Negara merupakan pengorganisasian masyarakat yang berbeda dengan bentuk organisasi lainnya, terutama karena hak negara untuk mencabut nyawa seseorang.

Namun, untuk dapat diakui sebagai suatu negara, maka harus memiliki rakyat, yaitu sejumlah orang yang menerima keberadaan organisasi negara tersebut.

5 Benua Di Dunia

Asia

Asia merupakan benua terbesar di dunia yang memiliki populasi terpadat. Wilayah benua ini mencakup 8,6% permukaan bumi, meliputi daratan luas Afrika-Eurasia tanpa Eropa dan Afrika.

Terdapat sejumlah batas antara Asia dan Eropa yang kabur, yaitu wilayah Dardanella, Laut Marmara, Selat Bosforus, Laut Hitam, Pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Sungai Ural (atau Sungai Emba), dan Pegunungan Ural hingga Novaya Zemlya. Sementara itu, dengan Afrika, Asia bertemu di sekitar Terusan Suez. Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia.

Asia terdiri dari enam wilayah yang berbeda, yaitu Asia Barat Daya, Asia Selatan, Asia Tengah, Asia Tenggara, Asia Timur, dan Asia Utara. Wilayah Asia juga mencakup kepulauan yang berada di sekitar Samudra Hindia dan Pasifik.

Asia memiliki keanekaragaman geografis dan budaya yang sangat kaya. Terdapat pegunungan, dataran rendah, dan dataran tinggi yang menjadi rumah bagi berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang unik. Di antara negara-negara yang terdapat di Asia, terdapat perbedaan bahasa, agama, dan budaya yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjungi dan mengeksplorasi setiap negara.

Eropa

Eropa adalah sebuah semenanjung atau anak benua yang terletak di sebelah utara Afrika dan barat daya Asia. Secara geologis dan geografis, Eropa terdiri dari wilayah yang lebih kecil daripada benua-benua lainnya di dunia.

Pemisahannya sebagai benua lebih dikarenakan oleh perbedaan budaya. Batas-batas Eropa meliputi Samudera Arktik di utara, Samudera Atlantik di barat, dan Laut Tengah di selatan. Namun, batas timur Eropa masih menjadi perdebatan karena pemisahan benua ini diawali oleh faktor kebudayaan.

Batas-batas yang sering dipakai sebagai pemisah antara benua Eropa dan Asia adalah Pegunungan Ural di Rusia. Eropa terbagi menjadi beberapa sub-region yang meliputi negara-negara Balkan, Eropa Barat, Eropa Selatan, Eropa Tengah, Eropa Timur, Eropa Utara, dan negara-negara Skandinavia.

Meskipun tergolong benua yang kecil, Eropa memiliki luas sekitar 10.600.000 km². Jumlah penduduknya pada tahun 2003 mencapai 799.466.000 jiwa, yang menempatkannya di urutan ketiga setelah Asia dan Afrika.

Populasi Eropa setara dengan seperdelapan dari total populasi dunia. Dalam hal kepadatan penduduk, Eropa memiliki tingkat kepadatan penduduk yang lebih tinggi daripada benua-benua lainnya di dunia, yaitu sekitar 75 orang per km².

Afrika

Afrika adalah benua terbesar kedua di dunia setelah Asia, dan juga menjadi benua kedua dengan jumlah penduduk terbanyak. Dengan luas wilayah mencapai 30.224.050 km², termasuk pulau-pulau yang berdekatan, Afrika meliputi 20,3% dari total daratan Bumi.

Populasi di benua ini mencapai sekitar 800 juta orang yang tersebar di 54 negara, sehingga menjadikannya tempat bagi sepertujuh dari seluruh populasi dunia.

Nama “Afrika” berasal dari bahasa Latin, yaitu Africa terra atau “tanah Afri” (bentuk jamak dari “Afer”) yang merujuk pada bagian utara benua tersebut, yang saat ini menjadi wilayah Tunisia. Tempat tersebut dulunya merupakan kedudukan provinsi Romawi untuk Afrika.

Afrika juga merupakan tempat tinggal manusia yang paling awal di dunia. Dari benua ini, manusia menyebar ke benua-benua lain di dunia.

Selain itu, Afrika juga merupakan tempat di mana garis evolusi kera menjadi berbeda dari protohuman sekitar tujuh juta tahun yang lalu.

Afrika terbagi menjadi beberapa sub-region, yaitu Afrika Barat, Afrika Selatan, Afrika Tengah, Afrika Timur, dan Afrika Utara. Setiap sub-region memiliki kekayaan alam dan budaya yang unik, serta memiliki sejarah dan ciri khas yang berbeda.

Australia

Benua Australia adalah sebuah negara yang terletak di belahan bumi selatan, dan juga menjadi nama dari benua terkecil di dunia. Wilayah Australia mencakup seluruh benua Australia dan beberapa pulau di sekitarnya.

Australia dikenal dengan keanekaragaman fauna dan flora yang khas, terutama dengan adanya binatang kanguru yang menjadi ikon negara ini.

Ibu kota Australia adalah Canberra, dan terdapat beberapa kota besar lainnya seperti Sydney, Melbourne, Adelaide, Brisbane, dan Perth.

Meskipun Australia berdekatan dengan Asia, namun kehidupan dan budayanya lebih mirip dengan Eropa Barat dan Amerika Serikat. Penduduknya sebagian besar memiliki kulit putih.

Di Australia terdapat daerah gurun yang sangat luas sehingga penduduknya jarang ditemukan di daerah tersebut. Namun, di beberapa kota besar dan wilayah pesisir terdapat jumlah penduduk yang cukup signifikan.

Australia terdiri dari enam wilayah yang terdiri dari New South Wales, Victoria, Queensland, Australia Selatan, Australia Barat, dan Tasmania. Setiap wilayah memiliki ciri khas dan daya tariknya masing-masing, baik itu dalam hal keanekaragaman alam, budaya, maupun sejarahnya.

Amerika

Benua Amerika adalah sebuah wilayah daratan yang terletak di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik.

Benua ini adalah benua terbesar kedua di dunia setelah Benua Asia, dengan luas wilayah sekitar 42.292.000 Km².

Secara umum, Benua Amerika terbagi menjadi 3 wilayah, yaitu Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Selain itu, wilayah Karibia, pulau-pulau di sekitar Laut Karibia, dan Greenland juga sering dianggap sebagai bagian dari Benua Amerika.

Amerika Tengah adalah wilayah yang sempit memanjang yang menghubungkan antara Amerika Utara dan Amerika Selatan. Secara astronomis, Benua Amerika terletak antara 83° LU – 55° LS dan 170° BT – 35° BB.

Batas-batas wilayah Benua Amerika antara lain sebelah Barat berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Laut Bering, sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik dan Laut Karibia, sebelah utara berbatasan dengan Laut Es dan Selat Davis, dan sebelah selatan berbatasan dengan Laut Kutub Selatan.

Asal nama Amerika berasal dari nama pertama orang Eropa yang menjelajahi benua ini, yaitu “Amerigo Vespucci.”

Benua Amerika juga memiliki banyak keanekaragaman budaya dan bahasa di antara penduduknya yang beragam.

Namun, ada beberapa kesamaan antara negara-negara di Amerika Tengah dan Selatan, seperti bahasa Spanyol yang banyak dipakai dan pengaruh dari kebudayaan Mesoamerika dan Andes.

Daftar Negara Di Dunia

Daftar Negara Di Seluruh Dunia Sesusai Abjad:

Negara Ibukota
Afghanistan Kabul
Albania Tirana
Algeria Algiers
Andorra Andorra la Vella
Angola Luanda
Antigua and Barbuda St. John’s
Argentina Buenos Aires
Armenia Yerevan
Australia Canberra
Austria Vienna
Azerbaijan Baku
Bahamas Nassau
Bahrain Manama
Bangladesh Dhaka
Barbados Bridgetown
Belarus Minsk
Belgium Brussels
Belize Belmopan
Benin Porto-Novo
Bhutan Thimphu
Bolivia La Paz / Sucre
Bosnia and Herzegovina Sarajevo
Botswana Gaborone
Brazil Brasília
Brunei Bandar Seri Begawan
Bulgaria Sofia
Burkina Faso Ouagadougou
Burundi Bujumbura
Cabo Verde Praia
Cambodia Phnom Penh
Cameroon Yaoundé
Canada Ottawa
Central African Republic Bangui
Chad N’Djamena
Chile Santiago
China Beijing
Colombia Bogotá
Comoros Moroni
Congo, Democratic Republic of the Kinshasa
Congo, Republic of the Brazzaville
Costa Rica San José
Cote d’Ivoire Yamoussoukro / Abidjan
Croatia Zagreb
Cuba Havana
Cyprus Nicosia
Czech Republic Prague
Denmark Copenhagen
Djibouti Djibouti
Dominica Roseau
Dominican Republic Santo Domingo
East Timor (Timor-Leste) Dili
Ecuador Quito
Egypt Cairo
El Salvador San Salvador
Equatorial Guinea Malabo
Eritrea Asmara
Estonia Tallinn
Eswatini (formerly Swaziland) Mbabane / Lobamba
Ethiopia Addis Ababa
Fiji Suva
Finland Helsinki
France Paris
Gabon Libreville
Gambia Banjul
Georgia Tbilisi
Germany Berlin
Ghana Accra
Greece Athens
Grenada St. George’s
Guatemala Guatemala City
Guinea Conakry
Guinea-Bissau Bissau
Guyana Georgetown
Haiti Port-au-Prince
Honduras Tegucigalpa
Hungary Budapest
Iceland Reykjavik
India New Delhi
Indonesia Jakarta
Iran Tehran
Iraq Baghdad
Ireland Dublin
Israel Jerusalem (claimed) / Tel Aviv (administered)
Italy Rome
Jamaica Kingston
Japan Tokyo
Jordan Amman
Kazakhstan Nur-Sultan
Kenya Nairobi
Kiribati South Tarawa
Kosovo Pristina
Kuwait Kuwait City
Kyrgyzstan Bishkek
Laos Vientiane
Latvia Riga
Lebanon Beirut
Lesotho Maseru
Liberia Monrovia
Libya Tripoli
Liechtenstein Vaduz
Lithuania Vilnius
Luxembourg Luxembourg City
Madagascar Antananarivo
Malawi Lilongwe
Malaysia Kuala Lumpur / Putrajaya
Maldives Male
Mali Bamako
Malta Valletta
Marshall Islands Majuro
Mauritania Nouakchott
Mauritius Port Louis
Mexico Mexico City
Micronesia Palikir
Moldova Chisinau
Monaco Monaco
Mongolia Ulaanbaatar
Montenegro Podgorica
Morocco Rabat
Mozambique Maputo
Myanmar (formerly Burma) Naypyidaw
Namibia Windhoek
Nauru Yaren District
Nepal Kathmandu
Netherlands Amsterdam / The Hague
New Zealand Wellington
Nicaragua Managua
Niger Niamey
Nigeria Abuja
North Korea Pyongyang
North Macedonia (formerly Macedonia) Skopje
Norway Oslo
Oman Muscat
Pakistan Islamabad
Palau Ngerulmud
Panama Panama City
Papua New Guinea Port Moresby
Paraguay Asunción
Peru Lima
Philippines Manila
Poland Warsaw
Portugal Lisbon
Qatar Doha
Romania Bucharest
Russia Moscow
Rwanda Kigali
Saint Kitts and Nevis Basseterre
Saint Lucia Castries
Saint Vincent and the Grenadines Kingstown
Samoa Apia
San Marino San Marino
Sao Tome and Principe Sao Tome
Saudi Arabia Riyadh
Senegal Dakar
Serbia Belgrade
Seychelles Victoria
Sierra Leone Freetown
Singapore Singapore
Slovakia Bratislava
Slovenia Ljubljana
Solomon Islands Honiara
Somalia Mogadishu
South Africa Pretoria (administrative) / Cape Town (legislative) / Bloemfontein (judiciary)
South Korea Seoul
South Sudan Juba
Spain Madrid
Sri Lanka Sri Jayawardenepura Kotte / Colombo
Sudan Khartoum
Suriname Paramaribo
Sweden Stockholm
Switzerland Bern
Syria Damascus
Taiwan Taipei
Tajikistan Dushanbe
Tanzania Dodoma
Thailand Bangkok
Togo Lomé
Tonga Nuku’alofa
Trinidad and Tobago Port of Spain
Tunisia Tunis
Turkey Ankara
Turkmenistan Ashgabat
Tuvalu Funafuti
Uganda Kampala
Ukraine Kyiv
United Arab Emirates Abu Dhabi
United Kingdom London
United States of America Washington, D.C.
Uruguay Montevideo
Uzbekistan Tashkent
Vanuatu Port Vila
Vatican City (Holy See) Vatican City
Venezuela Caracas
Vietnam Hanoi
Yemen Sana’a
Zambia Lusaka
Zimbabwe Harare