Di wilayah pegunungan aktivitas penduduk umumnya sebagai?

materipintar

Di wilayah pegunungan aktivitas penduduk umumnya sebagai?

a. penghasil garam
b. penghasil sayuran
c. penghasil ikan
d. penghasil alat elektrononik
e. Semua jawaban benar

Kunci jawaban soal :
Jawaban: B. penghasil sayuran

 

Pembahasan :

Di wilayah pegunungan, aktivitas penduduk umumnya cenderung berfokus sebagai penghasil sayuran karena kondisi geografis dan iklim yang mendukung pertumbuhan tanaman sayuran.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa ini terjadi:

1. Ketinggian dan iklim yang sesuai

Wilayah pegunungan seringkali memiliki ketinggian yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah dataran rendah.

Hal ini dapat berdampak pada iklim yang berbeda, seperti suhu yang lebih sejuk dan udara yang lebih segar.

Iklim pegunungan yang relatif sejuk dengan suhu yang moderat dan sinar matahari yang cukup membantu dalam pertumbuhan tanaman sayuran yang membutuhkan suhu rendah atau cuaca yang tidak terlalu panas.

2. Drainase yang baik

Pegunungan cenderung memiliki topografi yang berbukit-bukit dengan kemiringan yang curam.

Hal ini menyebabkan air hujan lebih mudah mengalir turun, sehingga membantu dalam menjaga kelembaban tanah dan mencegah terjadinya genangan air yang berlebihan.

Drainase yang baik ini penting bagi pertumbuhan tanaman sayuran, karena mereka membutuhkan tanah yang lembab namun tidak tergenang air.

3. Tanah yang subur

Wilayah pegunungan seringkali memiliki tanah yang subur dan kaya akan nutrisi.

Curah hujan yang lebih tinggi dan proses alami erosi di pegunungan dapat menghasilkan tanah yang lebih subur dengan kandungan bahan organik yang tinggi.

Tanah yang subur ini menyediakan nutrisi yang penting bagi pertumbuhan tanaman sayuran, memungkinkan tanaman untuk tumbuh dengan baik dan menghasilkan hasil yang melimpah.

4. Keterbatasan lahan

Pegunungan umumnya memiliki lahan yang terbatas dan seringkali sulit untuk digunakan untuk pertanian skala besar.

Dalam situasi ini, penduduk setempat cenderung memanfaatkan lahan yang tersedia dengan cara yang efisien, seperti dengan mengembangkan sistem pertanian berkebun vertikal atau berterasering.

Metode ini memungkinkan mereka untuk memaksimalkan penggunaan lahan yang terbatas dan tetap dapat menghasilkan tanaman sayuran dengan produktivitas yang tinggi.

5. Tradisi pertanian

Beberapa wilayah pegunungan memiliki tradisi pertanian yang kuat dan lama.

Penduduk setempat telah mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam budidaya tanaman sayuran selama beberapa generasi.

Mereka memiliki pengalaman dan pemahaman tentang jenis tanaman yang cocok untuk tumbuh di wilayah mereka, teknik pertanian yang efektif, dan sistem manajemen yang sesuai dengan kondisi iklim dan lingkungan pegunungan.

Semua faktor ini berperan dalam membuat wilayah pegunungan menjadi tempat yang baik untuk menghasilkan sayuran.

Aktivitas pertanian sayuran di pegunungan memberikan manfaat ekonomi bagi penduduk setempat, menyediakan pasokan sayuran segar untuk masyarakat lokal, serta dapat menjadi daya tarik wisata bagi pengunjung yang tertarik dengan produk pertanian organik dan pemandangan