Lambang Pancasila : Gambar dan Arti Lambang Garuda Pancasila

By | August 2, 2019

Lambang Garuda Pancasila – Taukah kamu apa arti dari pancasila? Bagi Anda yang sudah menginjak jenjang Sekolah Dasar pasti akan tahu apa itu pancasila. Pancasila adalah suatu wasiat dari pimpinan Bangsa Indonesia, bahwa Indonesia memiliki lambang negara Indonesia yakni garuda pancasila serta berisikan mengenai harapan dan gamabarn tentang masyarakat Indonesia. Dalam artikel di bawah ini akan dibahas mengenai sebagai berikut yakni, pengertian lambang garuda pancasila, gambar lambang pancasila, arti lambang pancasila dan makna lambang pancasila. Berikut paparannya di bawah ini:

Sejarah dan Pengertian Garuda Pancasila

lambang garuda pancasila

Sebelum membahas lambang garuda pancasila. Apa sih pancasila itu? Pancasila adalah dasar negera Republik Indonesia sekaligus menjadi ideologi falsafah berbangsa dan bernegara. Asal kata panca ada dua kata,yakni panca dan sila. Pancayang artinya lima sedangkan sila artinya asas hidup. Kedua kata tersebu diambil dari bahasa sansekerta.

Sedikit bercerita sejarah awal dari pancasila yakni dimulai dari pembentukan BPUPKI (Badan Penyelidikan Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Badan tersebut berdiri pada tahun 1945 oleh pemerintahan belanda.

BPUPKI dianggap di bentuk dukungan jepangan terhadap bangsa Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaan. Namun ada juga yang beranggapan hal ini hanya sebagai rekayasa politik jepang yang saat itu sedang tersudut olehsekutu.

Tepat pada tanggal 1 Juni 1945 BPUPKI menytakan melalui Soekarno tentang lima dasar negara. Kelimanya dinamakan sebagai Pancasila. Setelah itu BPUPKIi berubah menjadi PPKI atau panitia persiapan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 7 Agustus 1945, kemudian bom atom jatuh di Hirosima tepat pada tanggal 6 sebelumnya pembentukan PPKI. Kemudian dilanjut dengan bom di Nagasaki pada tanggal 9. Hal ini dimanfaatkan oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia untuk segera meraih kemerdekaan yang dicita-citakan.

Isi Sila Garuda Pancasila

Pada 17 Agustus 1945, Soekarno atas nama bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaan. Berlanjut pada tanggal 18 Agustus 1945 para Bapak pendiri Bansa menetapkan Undang-Undang Dasar Negara republik Indonesia. Dalam UUD 1945 terdapat 5 bait pancasila sebagai berikut:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanuasiaan yang adail dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pada saat itulah, pancasila resmi menjadi dasar negara Republik Indonesia sehingga saat ini.lalu apa itu lambang garuda pancasila? Arti lambang garuda pancasila bagi Indonesia apa? Lalu apakah ada hubungannya dengan Indonesia?  lambang garuda pancasila adalah suatu gambaran masyarakat Bangsa Indonesia dengan arti garuda sendiri yakni kuat, besar dan berjiwa sejati. Garuda pancasila merupakan lambang negara Indonesia dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam lambang garuda pancasila terdapat lambang pancasila dalam perisai yang digambarkan pada lambang garuda pancasila yang terdiri dari bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng dan padi kapas. Kelima lambang pancasila terdapat arti dan maknanya, berikut dibawah ini akan dipaparkan arti lambang pancasila serta makna lambang pancasila. Sebelum dipaparkan lambang pancasila dan artinya, berikut gambar lambang pancasila:

Gambar Lambang Garuda Pancasila

gambar lambang garuda pancasila

Arti/ Makna Lambang Garuda Pancasila

Setiap lambang sila pancasila memiliki arti tersendiri berikut paparannya:

  1. Lambang pancasila pertama yakni bintang

Sila pertama berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa” dengan dilambangkan bintang. Arti bintang yakni sebuah cahaya seperti layaknya Tuhan yang menjadi cahaya kerohanian bagi setiap manusia. Butir sila pertama ini mengandung makna bhawa negara Indonesia berlandaskan pada agama yang telah diatur dan disepakati dalam UUD 1945.

Negara juga menjamin dan melindungi bagi tiap-tiap umatberagama untuk menjalankan ibadahnya masing-masing. Serta warna hitam dalam latar belakang bintang diartikan dengan warna alam atau warna asli yangmenunjukkan bahwa Tuhan bukan sekedar rekaan manusia, tetapi sumber dari segala dan telah ada sebelum segala sesuatu di dunia ini ada. Serta menjadi penerang dan pemberi petunjuk agar manusia tidak tersesat.

Baca juga : Sejarah Pancasila

  1. Lambang pancasila kedua yakni rantai

Sila kedua berbunyi “Kemanusiaan yang adil dan beradab” dengan dilambangkan dengan rantai. Arti rantai adalah bersatu dan tak terpisah, rantai terdiri dari bentuk segi empat dan berbentuk lingkaran. Maka segi empat dilambangkan dengan seoroang laik-laki sednagkan lingkaran dilambangkan perempuan.

Mata rantai yang berkait melambngkan setiap manusia laki-laki bahkan perempuan membutuhkan satu sama lain dan perlu bersatu sehingga menjadi kuat seperti sebuah rantai. Sila ini mengandung akana bahwasannya manusia harus diperlakukan sesuai dengan harkat dan martabarnya.

Dengan ini maka akan melahirkan sikap saling menghargai dan juga menghormati satu sama lain sehingga terciptalah kehidupan yang rukun dan berdamai.

Kata adil dalam silaini diartikan dengan manusia mendapatkan perlakuan yang sama di mata hukum. Hukum harus ditegakkan seadil-adilnya tanpa pernah memandang jabatan ataupun suku dan golongan tertentu agar dapat menciptakan kehidupan beradab.

  1. Lambang pancasila ke tiga yakni pohon beringin

Pada sila ketiga berbunyi “persatuan Indonesia” yang dilambangkan dengan pohon beringin. Pohon beringin diartikan yakni pohon yang besar untuk digunakan berteduh, seperti halnya semua rakyat Indonesia, bisaberteduh dalam naungan negara Indonesia.

Selain itu, pohon beringin memiliki sulur dan akar yang menjalar kemana-mana, namun tetap berasal dari satu pohon yang sama, seperti halnya keragaman suku Bangsa yang menyatu di bawah nama Indonesia.

  1. Lambang pancasila ke empat yakni kepala banteng

Pada sila  ini berbunyi “kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan” yang dilambangkan dengan kepala banteng. Kepala banteng artinya hewan sosial yang suka berkumpul, seperti halnya musyawarah dimana orang-orang harus berkumpul untuk mendiskusikan sesuatu.

  1. Lambang pancasila ke lima yakni padi dan kapas

Pada sila ke lima berbunyi “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” dengan lambang padi dan kapas. Padi dan kapas adalah kebutuhan dasar setiap manusia, yakni pangan dan sandnag sebagai syarat utama untuk mencapai kemakmuran yang merupakan tujuan utama bagi sila ke lima.

Sila ini bertujuan untuk menghapus kesenjangan sosial warga negara Indoensia. Sehingga terciptalah kehidupan berbangsa rukun dan damai. Pemerintah wajib mensejahterakan rakyatnya agar tidak terjadi kesenjangan yang dapat berakibat pada perpecahan.

Dari paparan artikel mengenai lambang pancasila diatas dapat disimpulkan bahwa lambang pancasila memiliki nilai-nilai yang menjadi gamabaran bangsa Indoenesia yang beragama, bertoleransi, bersatu, saling membantu,bergotong rotong, menghapus kesenjangan dan masih banyak lagi. Dengan semboyang Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda namun tetap satu jua.

Baca juga : Lambang Negara Indonesia

Terimakasih kepada pembaca yang sudah menyimak artikel mengenai gambar dan arti lambang garuda pancasila dari awal hingga akhir serta menyimak dengan baik. Semoga bermanfaat serta pembaca dapat memahami dan mengertia. Mohon maaf jika dalam penulisan artikel di atas terdapat kesalahan dalam penulisan, penulis meminta maaf yang sebesar-besarnya. Penulis sangat membutuhkan kritik dan saran dari pembaca. Agar penulis dapat membuat artikel selanjutnya menjadi lebih baik lagi.