Pengertian Integrasi Nasional , Ancaman, dan Faktor Penghambatnya

By | July 8, 2019

Integrasi Nasional – Siapa yang belum mengenal dengan yang namanya integrasi nasional? Yang berkaitan erat dengan kondisi Indonesia saat ini terhadap generasi muda zaman sekarang yang kurang cinta terhadap bangsa Indonesia. Integrasi nasional menjadi sangat penting ketika zaman sekarang sudah mulai runtuh rasa cinta terhadap Bangsa Indonesia. Kita harus menanamkan dan membudayakan Integrasi sebelum semua yang tidak diinginkan terjadi.

Dalam artikel ini akan dibahas yakni pengertian integrasi nasinal, Pengertian integrasi nasioal menurut para ahli,  Faktor pengdorong integrasi nasional, Faktor penghambat integrasi nasional, Ancaman integrasi nasional dan Integrasi nasional dalam bingkai bhinneka tunggal ika, dibawah ini sebagai berikut:

Pengertian Integrasi Nasional

integrasi nasional

Integrasi nasional adalah suatu hal upaya untuk memersatukan bangsa Indonesia tanpa adanya perpecahan, sehingga degan adanya kata nasional ini. Berarti menyangkut dengan Bangsa Indonesai seluruhnya. Kita harus bersatu walaupun berbeda-beda. Berbeda suku, agam, ras, dan lain sebegianya yang berbeda namun kita harus menggunakan integrasi nasional, agar Indonesia ini utuh dan tak terpecah belah.

Banyak yang menimbulkan adanya integrasi nasional adalah yakni ras keinginan untuk bersatu, sejarah atas penjajahan yang membuat kita harus bangkit atas keterpurukan dimasa lalu, cinta tanah air dan rela berkorban untuk membela tanah air. Namun disisi lain juga ada hambatan untuk terjadinya integrasi nasional yakni heterogen masyarakat yang membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dengan perbedaan masing-masing wilayah, wilayah yang luas dan terpisah oleh lautan-lautan, ketidakmerataan pembangunan, ancaman dari dalam dan luar negeri.

Definisi Integrasi Nasioal Menurut Para Ahli

Beberapa para ahli mengemukakan tentang pengertian integrasi nasional diantaranya adalah:

  1. Menurut Nazaruddin Sjamsudin, pengertian integrasi nasional adalah proses penyatuan suatu bangsa yang mencakup semua aspek kehidupan yaitu sosial, politik, ekonomi, dan budaya
  2. Menurut Arfani, pengertian Integrasi nasional adalah pembentukan suatu identitas nasional dan penyatuan berbagai kelompok sosial dan budaya ke dalam suatu kesatuan wilayah
  3. Menurut Saafroedin Bahar, pengertian integrasi nasional adalah upaya menyatukan seluruh unsur suatu negara dengan pemerintah dan wilayahnya. Mengintegrasikan berarti membuat untuk atau menyempurnakan dengan jalan menyatukan unsur-unsur yang awalnya terpisah.
  4. Menurut Howard Wriggins, integrasi nasional adalah penyatuan bagian yang berbeda-beda dari suatu masyarakat menjadi suatu kesatuan yang lebih utuh atau memadukan beberapa masyarakat kecil menjadi suatu kesatuan
  5. Myron Weiner mengatakan bahwa integrasi nasional adalah proses penyatuan dari berbagai kelompok sosial dan budaya dalam satu kesatuan wilayah dan dalam suatu identitas nasional. Demikian, menurutnya intgrasi itu ada lima jenis yaitu integrasi nasional, integrasi wilayah, integrasi nilai, integrasi elit-massa dan integrasi tingkah laku.

Faktor Pengdorong Integrasi Nasional

Berikut adalah faktor pendorong terciptanya integrasi nasiona;:

  1. Rasa senasib seperjuangan

Faktor ini merupakan hal yang sangat realistis dan sering terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Seperti halnya pada masa kolonialisme dulu di Indonesia banyak sekali masyarakat yang berasal dari berbagai kalangan maupun suku bersatu, bersama-sama melawan kolonialisme Belanda.

  1. Pemaknaan ideoligi nasional

Setiap negara mempunyai ideologi tersendiri sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk Indonesia dengan Pancasilanya. Ideologi pancasila ini tidak bisa digantikan dengan ideologi lain karenan memang itu merupakan keputusan final yang telah dirancang oleh founding father kita sebagai pandangan hidup

  1. Keinginan bersatu

Tidak semua perbedaan membuat perpecahan, justru sebaliknya keragaman itu membawa suatu masyarakat pada suatu keinginan untuk bersatu. Keinginan tersebut salah satunya bertujuan untuk memperkuat suatu kelompok maupunnegara.mengingat persatuan merupakan cita-cita atau nilai-nilai dalam Pancasila yang harus diterapkan dalam kehidupan.

  1. Antisipasi ancaman luar

Ancaman dari luar, bisa mempersatukan kelompok atau bangsa dalam suatu negara. Indonesia sudah sekian lama merdeka dengan beragam kebudayaan danbentangan wilayah yangberdaulat. Hal itu memungkinkan terjadinya suatu ancaman dari luar seperti pengambilan wilayah atau pulau paling luar.

Faktor Penghambat Integrasi Nasional

Berikut adalah beberapa faktor penghambat integrasi nasional:

  1. Kurangnya penghargaan terhadap kemajemukan

Tidak semua  orang bisa memahami dan menghargai perbedaan yang ada. Mereka cenderung sulit untuk diajak mewujudkan persatuan dan kesatuan di tengah keragaman bangsa. Padahal kemajemukan sendiri merupakan kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya.

  1. Kuatnya paham etnosentrisme

Beberapa orang ataupun masyarakat di suatu daerah masih memegang teguh paham etnosentrisme. Paham ini menganggap bahwa etnis tertentu jauh lebih baik dan dominan dari yang lainnya. Hal ini biasanya terjadi daam masyarakat pedalaman atau tradisional

  1. Ketimpangan pembangunan

Pembangunan dalam suatu negara belum tentu megalami kemerataan. Ada beberapa daerah atau wilayah yang masih sangat jauh dari kata sejahtera atau makmur. Demikianlah yang disebut dengan ketimpangan pembangunan dan hal itu menjadi penghambat terciptanya integrasinasional.

Ancaman Integrasi Nasional

Untuk mengantisipasi adanya ancaman bagi integrasi nasional, maka diperlukan ketahanan nasional yang kokoh. Ketahanan nasional merupakan kondisi dinamis suatu bangsa yang berisi ketangguhan serta keuletan dan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi danmengatasi segala macam dan bentuk ancaman.

Berdasarkan asalnya ancaman terdiri atas:

  1. Ancaman dari dalam negeri, contoh adalah pemberontakan dan subversi yang berasal atau terbentuk dari masyarakat Indonesia.
  2. Ancaman dari luar negeri, contohnya infiltrasi, subversi dan intervensi dari kekuatan kolonialisme dan imperialisme serta invasi dari darat, udara, dan laut oleh musuh dari luar negeri

Menurut bentuknya, ancaman berupa:

  1. Ancaman militer adalah ancaman yang menggunakan kekuatan senjata yang terorganisasi yang mempunyai kemampuan membahayakan kedaulatan, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa. Ancaman militer mencakup:
  2. Agresi militer
  3. Pelanggaran wilayah
  4. Sabotase
  5. Aksi teror
  6. Pemberontakan bersenjata
  7. Spionase
  8. Ancaman keamanan laut dan udara
  9. Konflik komunal
  10. Ancaman non militer adalah ancaman tanpa kekuatan senjata. Dalam menghadapi ancaman non militer, sistem pertahanan negara menempatkan lembaga negara di luar pertahanan sebagai unsur utama sesuai dengan bentuk, ancaman yang dihadapi di dukung olehunsur-unsur lain. Contohnya:
  11. Pengaruh gaya hidup kebarat-baratan
  12. Sudah tidak mencintai budaya sendiri
  13. Tidak menggunakan produk dalam negeri

Integrasi nasional dalam bingkai bhinneka tunggal ika

Persatuan dalam keberagaman memiliki arti yang sangat penting. Persatuan dalam keberagaman harus dipahami oleh setiap warga masyarakat agar dapat mewujudkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Kehidupan yang serasi dan seimbang
  2. Pergaulan antar sesama yang lebih akrab
  3. Perbedaan yang ada tidak menjadi sumber maslaah
  4. Pembangunan berjalan lancar

Untuk mempersatukan masyarakat yang beragam, perlu ada toleransi yang tinggi antar kebudayaan. Sikap saling menghargai antar golongan, mengenali dan mencintai budaya lain adalah ha yang perlu dibudayakan. Contoh nyata implementasi hal tersebut adalah dengan mempertunjukkan tarian suku-suku yang ada di Indonesia.

Baca juga : Masyarakat Madani

Dengan demikian, setiap suku mempunyai rasa simpati satu sama lain. Keberagaman harus membentuk masyarakat Indonesia yang memiliki toleransi dan rasa saling menghargai untuk menjaga perbedaan tersebut. Kuncinya terdapat pada komitmen persatuan bangsa Indonesia dalam keberagaman.

Terimakasih sudah menyimak artikel integrasi nasional ini dengan baik semoga bermanfaat bagi pembaca. Mohon maaf tyang sebesar-besarnya jika dalam penulisan ada yang salah ataupun mneyinggung perasaan penulis mohon maaf yang sebsar-besarnya.