Gambar Lambang Negara Indonesia Beserta Arti dan Maknanya

By | August 2, 2019

Apa lambang negara Indonesia? Atakah merah putih atau lainnya? dalam artikel di bwah ini akan membahas mengenai lambang bangsa Indonesia serta penulis akan memaparkan gamabr lambang bangsa Indonesia dan juga arti makna dari gambar lambang bangsa Indonesia. Berikut paparan mengenai pengertian lambang negara Indonesia. Lambang negara Indonesia adalah suatu simbol yang mewakili ikon dari negara Indonesia.

Taukah kamu apa lambang negara indonesia? Kebanyakan masyarakat  hanya mengetahui dasar negara saja yakni pancasila. Padahal lambang negara Indonesia memiliki hubungan erat dengan pancasila. Apa itu? Lambang negara Indonesia adalah garuda pancasila. Berikut deskripsi mengenai garuda pancasila:

Lambang Negara Indonesia

lambang negara indonesia

  1. Gambar Lambang negara Indonesia berbentuk burung garuda dengan kepala menghadap ke kanan dari posisi garuda
  2. Terdapat perisai yang berbentuk seperti jantung yang digantungkan di leher burung garuda menggunakan rantai
  3. Perisai garuda berisikan gambar lima sila pancasila yang merupakan lambang dari kelima sila dasar negara yang menjadi pedoman hidup Bangsa Indonesia. Oleh karena itu, gambar lambang negara Indonesia disebut sebagai garuda pancasila
  4. Kaki burung garuda mencengkram tulisan bhinneka tunggal ika pada sebuah pita
  5. Gambar Lambang negara Indonesia yakni Gambar burung garuda yang digunakan sebagai lambang sayapnya dalam posisi terbang

Berikut ini gambar lambang negara Indonesia .png

gambar lambang negara indonesia

Arti Lambang Negara Indonesia

Berikut ini adalah arti dan makna dari lambang negara Indonesia yaitu garuda pancasila

  • Arti dan makna lambang burung garuda

Burung garuda pada lambang negara Indonesia, seperti telah dijabarkan sebelumnya, kepalanya menghadap ke kanan, sayap membentang seperti sedang terbang dan sedang mencengkram pita bertulisan Bhinneka Tunggal Ika. Arti dari makna lambang Burung Garuda yaitu:

  1. Mungkin sangat jarang banyak orang yang mengetahui wujud asli dari burung garuda. Namun ada dalam banyak cerita atau buku sejarah nusantara dalam mitologi, burung ini adalah tunggangan dewa wishnu yang mirip dengan burung elang atau burung raja wali. Burung garuda hanya ada dalam cerita Indonesia, sehingga sangat di percaya khas Indonesia. Burung ini menggambarkan kekuatan dan kebesaran. Artinya filosofi dari gamabar burunggaruda adalah negara Indonesia yang kuat dan besar.
  2. Buurng garudapada lambang negara digambarkan dengan warna keemasan. Hal tersebut melukiskan kejayaan dan keagungan Bangsa Indonesia masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang.
  3. Sayap,Paruh, cakar dan ekor burung garuda yangkokoh dan kuat menggambarkan serta melambangkan tenaga dan kekuatan pembangunan yang dilaksanakan Bangsa Indonesia.
  4. Jumlah sayap burung garuda, masing-masing berjumlah 17. Jumlah bulu ekor burung berjumlah 8, serta junlah bulu di bawahperisai 19, dan jumlah bulu pada leher burunggaruda jika dihitung berjumlah 45. Sengaja di buat demikian untuk menggamabrkan dan mengingat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dilaksanakan pad atangal 17 Agustus 1945.
  5. Arti dan makna perisai burung garuda

Baca juga : Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa

Perisai sering digunakan untuk senjata perang yang berfungsi untuk alat pertahan. Dan alat tersebut dapat dibentuk apa saja, benda mati maupun hidup yang dianggap dapat melindungi diri dari serangan musuh. Perisai burung garuda memiliki arti dan makna sebagai berikut:

  1. Perisai adalah senjata yang melambangkan perlindungan, pertahanan dan perjuangan untuk mempertahanakan diri. Perisai ini pada gambar ditengahnya terdapat gambar-gambar yang mewakili disetiap sila dalam pancasila. Arti pancasila adalah perisai untuk mempertahankan diri dan berjuang demi menjaga keutuhan Negara Indonesia dan dengan berpedoman pada pancasila dan tujuan negara dapat tercapai
  2. Garis hitam tebal di tengahperisai, menggambarkan garis khatulistiwa ini menggambarkan posisi atau letak Indonesia.
  3. Pada perisai yang berisi lima buah ruang tersbut juga merupakan sebagai bentuk perwujudan dasar negara pancasila yang akan melindungi, mempertahankan dan menjaga bangsa Indonesia.
  4. Warna dasar perisai yakni warna merah putih yang melambangkan warna bendera Indonesia. Serta warna dasaar bagian tengah adalah hitam.
  5. Arti dan makna lambang bintang

Ditengah perisai terdapat lima simbol, yang pertama yang akan di bahas yakni simbol bintang yang melambangkan sila pertama yakni Ketuhanan Yang Maha Esa, berikut paparan arti dan maknanya:

  1. Bintag bersudut lima berwarna emas, menggamabrkan bintang yang bercahaya seperti cahaya yang dipancarkan oleh Tuhan Yang Maha Esa, yang diyakini seluruh rakyat Indonesia merupakan masyarakat yang beragama.
  2. Bintang bersudut lima juga melambangkan lima agamadi Indonesia yakni Islam, Kristen, Katholik, Budha dan Hindu.
  3. Bintang bersudut lima menggambarkan juga cahaya Tuhan, berkah Tuhan, ridha Tuhan dan Rahmat Tuhan untuk menerangi dasar negara yang lima sesuai dengan Pembukaan UUD 1945 alinea ke 2.
  4. Warna dasar hitam bersimbol menunjukkan warna alam dan mempunyai makna bahwa Indonesia berada di bawah lindungan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa dan Tuhan merupakan sumber segalaya yang ada di bumi Indonesia.
  5. Arti dan makna lambang rantai

Pada ruang perisai selain bintang terdapat lambang rantai yang juga memiliki arti, berikut di bawah ini:

  1. Rantai dikaitkan dengan hubungan yang tidak terputus, rantai yang bagian tengahnya berbentuk lingkaran melambangkan wanita, sedangkan yang berbentuk persegi melambangkan laki-laki. Dengan arti bahwa laki-laki dan wanita akan saling membutuhkan, saling membantu dan tidak dapat dipisahkan.
  2. Rantai juga diartikan ikatan yangseharusnya tidak pernah putus antara sesama manusia. Saling bersatu untuk mencapai tujuan bersama yaitu tujuan pembangunan nasional.
  3. Warna merah yang menjadi dasar menunjukkan bahwa sikap berani. Bersani bersikap, mengambil tindakan, bertanggungjawab dan jujur. Saling membantu dengan sesama yang lain dalam suka dan duka.
  4. Arti dan makna lambang phon beringin

Lambang ini mewakili simbol sila ke 3 berikut paparannya:

  1. Phon beringin merupakan pohon yang tinggi besar, kokoh dan berdaun lebat. Cocok digunakan untuk berteduh di bawah pohon. Maknanya seperti pohon beringin, Indonesia adlaah tempat berteduh dan tempat berlindung sluruh rakyat Indonesia.
  2. Akar pohon beringin juga besar dan menjalar ke segala arah, hal ini memiliki dua pengertian, pertama akar yang menjalar banyak adalah menunjukkan beranekaragam rakyat Indonesia, dari ragam budaya, agama, adat istiadat, suku dan lain-lain namun tetap tujuannya sama dan di bawah negara yang sama, yaitu Indonesia.
  3. Akaryangmenjalar juga menunjukkan kemanapun rakyat Indonesia pergi, maka akan tetap kembali ke Indonesia, bersama mencapai tujuan bersama.
  4. Arti dan makna lambang kepala banteng

Kepala banteng atau kepala lembu pada salah satu ruang perisai,menyimbolkan pada sila ke 4, berikut ini arti dari lambang tersebut yakni:

  1. Lembu merupakan perwakilan dari hewan atau binatang sosial yang suka berkumpul atau suka bersama-sama. Maknyannya adalah Bangsa Indonesia adalah bangsa yang suka megerjakan sesuatu bersama atau bergotong royong yang merupaan jiwa Bangsa.
  2. Selain itu, jika ada permasalahan dalam kelompok masyarakat, Bangsa Indonesia akan berkumpul atau rapat bersama untuk menyelesaikannya hingga terjadi suatu musyawarah yang dapat menghasilkan keputusan bersama atau mufakat
  3. Latar belakang dengan warna merah menunjukkan keberanian dari lembu yang mempunyai makna bahwa Bngsa Indonesia adalah salah bangsa yang mempunyai harga diri dan berani menunjukkan identitasnya. Salah satu dari identitasnya yakni musyawarah untuk mufakat.
  4. Arti dan makna lambang Padi dan Kapas

Arti dan makana tersebut yakni:

  1. Gambar padi mewakili arti makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia adalah beras dan gamabar kapas melambnagkan sandang atau pakaian yang umumnya memnag terbuat dari kapas. Keduanya merupakan kebutuhan pokok manusia.
  2. Negara Indonesia akan menjamin kebutuhan pokok bagi seluruh rakyat Indonesia yang menjadi tujuan pembangaun nasional.
  3. Gamabar tersbeut mewakili kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang menjadi tujuan pembangunan nasional
  4. Arti dan makna pita dengan semboyan bhinneka tunggal ika

Baca juga : Sejarah Pancasila

Kaki burung garuda digambarkan sedang mencengkeram sehelai pita yang bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika, mempunyai arti dan makna:

  1. semboyan yang berasal dari bahasa sansekerta yang secara bahasa berarti beraneka satu. Atau berbeda-beda tetapi tetap satu jua.
  2. Hal ini juga menunjukkan kondisi nyata bangsa Indoneisa yang merupakan bangsa yang paling beragam di dunia. Indonesia mempunyai berbagai suku, berbagai adat istiadat, berbagai budaya serta berbagai agama  serta berbagai ras.
  3. Kaki garuda yang mencengkram kuat pita menunjukan bahwa dengan berbagai upaya, sekuat dan sekkokoh cengkraman garuda tersebut, bangsa Indoensia akan menjaga dan melindungi persatuan dan kesatuan bangsa.

Dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa lambang negara Indonesa adalah garuda pancasila, yang memiliki arti dari Bangsa Indonesia yang nyata serta merupakan jiwa dari Bnangsa Indonesia itu sendiri.  serta dilengkapi oleh gambar lambang bangsa Indonesia, semoga pembaca dapat mengerti dan memahami.