Gambar Logo Pramuka Tunas Kelapa Beserta Artinya

By | September 9, 2019

Logo pramuka – Pramuka atau singkatan dari Praja Muda Karana yaitu organisasi yang beranggotakan warga Negara Indonesia yang secara sukarela terdaftar dalam gerakan ini. Pramuka adalah organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan. Logo pramuka berupa siluet tunas kelapa yang diciptakan oleh Soenardjo yang juga merupakan tokoh pramuka. Apa arti logo gerakan pramuka tersebut? mari kita simak uraian dibawah ini.

Logo Pramuka Tunas Kelapa, Arti dan Lambangnya

 

Seperti yang telah kita ketahui bersama, logo pramuka adalah tunas kelapa. Lambang pramuka ini dipergunakan sejak tanggal 14 Agustus 1961. Hingga saat ini, pramuka dijadikan kegiatan ektrakulikuler yang diadakan di sekolah-sekolah. Tujuan gerakan pramuka ini adalah untuk melatih mental dan memberikan pendidikan karakter bagi generasi muda, yang diharapkan mereka memiliki kepekaan sosial yang tinggi ketika terjun ke dalam masyarakat.

Pemakaian lambang gerakan pramuka dipergunakan di tAnda-tAnda, papan nama, bendera dan semua alat administrasi dalam gerakan pramuka ini. Pemakaian logo pramuka keren ini dijadikan satu pengingat dalam dunia pendidikan yang mengandung makna dan arti tersendiri. Setiap bagian dan sisi lambang memiliki makna yang mewakili nilai kebaikan dan pendidikan yang mendalam.

Arti Lambang/ Logo Pramuka

Apa sajakah arti lambang pramuka yang disimbolkan tunas kelapa tersebut? seperti yang kita ketahui, dalam bet pramuka tidak hanya ada logo pramuka tunas kelapa, namun juga ada beberapa logo lainnya yang merupakan satu kesatuan. Dalam siluet tunas kelapa, ada beberapa bagian yang setiap bagiannya mengandung makna berbeda-beda.

  • Buah Kelapa, yang bisa dilihat di logo pramuka png, digambarkan dalam bentuk cikal atau tunas kelapa. Cikal menggambarkan generasi muda sebagai generasi penerus yang akan memperjuangkan bangsa Indonesia.
  • Buah kelapa digambarkan sebagai buah yang kuat. Arti lambang pramuka ini menyiratkan bahwa setiap anggota pramuka adalah individu yang kuat, ulet dan tahan banting.
  • Logo pramuka juga digambarkan dalam bentuk kelapa yang tumbuh menjulang ke atas sebagai representasi dari cita-cita yang tinggi setinggi langit.
  • Pohon kelapa merupakan tanaman yang dapat tumbuh di segala jenis tanah. Logo gerakan pramuka ini menekankan bahwa generasi muda adalah orang yang mampu beradaptasi dengan segala macam kondisi dan lingkungan.
  • Kita juga bisa melihat lambang pramuka dalam akar kelapa yang kuat, artinya setiap jiwa anggota pramuka harus berpegangan dalam prinsip yang kuat.
  • Logo pramuka tunas kelapa menggambarkan tunas dari pohon yang memiliki banyak kegunaan. Dari buah, daun, batang, dan bahkan akarnya semua dapat dimanfaatkan. Ini artinya bahwa setiap anggota pramuka haruslah bisa memberi manfaat dalam semua segi kehidupan.

Macam Macam Logo Pramuka

Selain tunas kelapa, ada beberapa logo pramuka lainnya yang biasa kita temui dalam bet kepramukaan, yaitu

  • Padi dan Kapas, yang berarti menandakan kesuburan ketahanan sandang dan pangan bangsa Indonesia. Salah satu gambar lambang pramuka ini merupakan gambaran tujuan kehidupan berbangsa yang hendak dicapai.
  • Gambar lambang pramuka selanjutnya adalah 10 roda yang menggambarkan Dasa Darma yang berarti bahwa seorang pramuka harus siap ditempatkan di segala penjuru tanah air bahkan hingga ke seluruh luar negeri.
  • Ada juga lima titik dalam lambang pramuka yang menggambarkan Pancasila. Pancasila adalah dasar atau nilai pondasi yang harus dimiliki oleh setiap warga Negara Indonesia.

Kesemua gambar diatas terangkai dalam sebuah logo pramuka keren. Setiap gambar memiliki makna tertentu. Anda bisa menemukan logo pramuka png yang ada dan tersebar di internet.

Baca juga : Sejarah Pramuka

Itulah tadi beberapa informasi mengenai logo pramuka yang dipergunakan di Indonesia. Lambang gerakan pramuka merupakan salah satu pelajaran penting yang patut kita ketahui bersama. Dengan mempelajari setiap makna yang dikandungnya, diharapkan bahwa segala nilai baik yang terkandung di akan menjadi pelajaran yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.