Nilai Nilai Pancasila dan Maknanya Dalam Kehidupan Sehari Hari

By | August 2, 2019

Nilai Nilai Pancasila – Pancasila merupakan dasar negara bangsa Indonesia, perlu Anda ketahui bahwa  di setiap sila-sila dalam pancasila terdapat nilai-nilai yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari didalamnya, sehingga pancasila sebagai sumber nilai. Mengapa pancasila sebagai sumber nilai? Karena pancasila mewakili apa yang menjadi harapan serta jiwa bangsa Indonesia untuk menuju Indonesia yang . Berikut dalam artikel ini kan membahas mengenai pancasila sebagai sumber nilai. Berikut yang akan diapaprkan yakni nilai-nilai pancasila, serta nilai instrumental pancasila. Berikut ini paparannya:

Makna Nilai- Nilai yang Terkandung dalam Pancasila

nilai nilai pancasila

Nilai yaitu sesuatu yang berharga, bermanfaat, serta menyadarkan manusia terhadap harkat dan martabatnya. Terbentuknya nilai atas dasar suatu pertimbangan cipta, rasa dan keyakinan seseorang.  Kelompok maupun bangsa. Nilai bersumber dari kebudayaan yang memiliki fungsi dan mendorong serta mengarahkan sikap dan perbuatan manusia.

Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Kedudukan Pnacasila sebagai dasar negara dan ideologi negara mengandung nilai-nilai yang dijadikan pedoman bagi bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Maka dari itu kalimat ini menjadi terbukti bahwa memang “pancasila sebagai sumber nilai”.

Nilai-nilai tersebut terdapat sila-sila yang ada dalam Pnacasila. Pancasila sebagai sumber nilai, Pancasila memuat nilai-nilai yang menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila merupakan nilai-nilai yang ada dalam kehidupan masyarakat sejak dulu. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila adalah sebagai berikut:

  1. Dalam sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa terkandung nilai-nilai pancasila bentuk religius antara lain:
  2. Keyakinan terhadap adaya Tuhan yang Maha Esa dengan sifat-sifatnya yang Maha sempurna.
  3. Ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dengan cara menjalankan semua perintahNya dan sekaligus menjauhi laranganNya.
  4. Saling menghormati dan toleransi antara pemeluk agama berbeda-beda.
  5. Kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya.

Penerapan Nilai Nilai Pancasila

Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya:

Menyayangi binatang, menyayangi dan merawat tumbuh-tumbuhan, selalu menjaga kebersihan dan sebagainya. Dalam islam bahkan ditekankan, baha Allah tidak suka kepada orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, tetapi Allah senang terhadap orang-orang yang selalu bertakwa dan sellau berbuat baik. lingkungan hidup Indonesia yang dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa kepada rakyat dan bangsa Indonesia merupakan karunia dan rahmatNya yang wajib dilestarikan dan dikembangkan kemampuannya agar tetap dapat menadi sumber dan penunjang hidup bagi rakyat dan bangsa Indonesai serta makhluk hidup lainnya demi kelangsungan dan peningkatan kualitas hidup.

  • Sila kedua: Kemanusiaan yang adil dan beradab
  • Pengakuan terhadap adanya harkat dan martabat manusia.
  • Pengakuan terhadap keberadaan manusia sebagai makhluk yang paling mulia diciptakan Tuhan.
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan harus mendapat perlakuan adil terhadap sesama manusia.
  • Mengembangkan sikap tenggang rasa agar tidak berbuat semena-mena terhadap orang lain.

Dapat diwujudkan dalam betuk kepedulian akan hak setiap orang yntuk memperoleh lingkungan hidup yang baik dan sehat, hak setiap orang untuk mendapatkan informasi lingkungan hidup yang baik dan sehat, hak setiap orang untuk mendapatkan informasi lingkungan hidup yang berkaitan dengan peran dalam pengelolaan lingkungan hidup, hak setiap orang untuk berperan dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku dan sebagainya (Koesnadi Hardjasoemantri, 2000: 558)

  • Sila ke tiga: Persatuan Indonesia
  • Menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan.
  • Memiliki rasa cinta tanah air dan bangsa serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
  • Pegakuan terhadap keragaman suku bangsa dan budaya bangsa dan sekaligus mendorong ke arah pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa

Baca juga : Lambang Negara Indonesia

Contoh Penerapan nilai-nilai Pancasila

Dengan melakukan inventarisasi tata nilai tradisional yang harus selalu diperhitungkan dalam pengambilan kebijaksanaan dan pengendalian pembangunan lingkungan di daerah dan mengembangkannya melalui pendidikan dan latihan serta penerangan dan penyuluhan dalam pengenalan tata nilai tradisional dan tata nilai agama yang mendorong pelaku manusia untuk melindungi sumber daya dan lingkungan (Salladiendalam Burhan Bungin dan Laely Widjajati, 1992: 156-158)

  • Sila ke empat: kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  • Kedaulatan negara ada di tangan rakyat
  • Manusia Indonesia sebagai warga kedudukan, hak dan kewajiban yang sama
  • Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan
  • Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat dari pada kepentingan pribadi atau golongan
  • Mengutamakan musyawarah dalam setiap pengambilan keputusan

Bentuk Penerapan nilai-nilai Pancasila :

Setiap kegiatan pengambilan keputusan yang menyangkut kepentingan bersama terlebih dahulu selalu diadakan musyawarah untuk mencapai mufakat. Musyawarah untuk mencapai mufakat tersebut dilakukan dengan semangat kekeluargaan sebagai ciri khas kepribadian bangsa Indonesia.

  • Sila ke lima: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
  • Mewujudkan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, terutama meliputi bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, kebudayaan dan pertahanan keamanan nasional.
  • Keseimbangan antara hak dan kewajiban serta menghormati hak-hak orang lain.
  • Bersikap adil dan suka memberi pertolongan kepada orang lain.
  • Mengembangkan perbuatan-perbuatan yang terpuji yang senantiasa mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong.
  • Cinta akan kemajuan dan pembangunan bangsa baik material maupun spiritual.

Implementasi Nilai nilai Pancasila

  • Mengelola sumber daya alam dan memelihara daya dukungnya agar bermanfata bagi peningkatan kesejahteraan rakyat dari generasi ke generasi.
  • Meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam dan leingkungan hidup dengan melakukan konservasi, rehabilitasi dan penghematan penggunaan dengan menerapkan teknologi ramah lingkungan.
  • Mendelegasikan secara bertahap wewenang pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dalam pelaksanaan pengelolaan sumber daya alam secara selektif dan pemeliharaan lingkungan hidup, sehingga kualitas ekosisitem tetap terjaga yangdiatur dengan undang-undang.
  • Meberdayakan suber daya alam untuk sebesar-besarnya memakmurkan rakyat dengan memperhatikan kelestarian fungsi dan keseimbangan lingkungan hidup, pembangunan yang berkelanjutan, kepentingan ekonomi dan budaya masyarakat lokal serta penataan ruang yang pengaturannya diatur dengan undang-undang
  • Menerapkan indikator-indikator yang memungkinkan pelestarian kemampuan

Nilai Instrumental Pancasila

Nilai pancasila masih terdapat uraian-uraian nilai lebih lanjutnya yakni disebut dengan nilai instrumental, nilai instrumental adalah penjabaran lebih lanjut dari nilai dasar secara lebih kreatif  Pada sila pertama nilai instrumentalnya yakni Pasal 29 ayat 2 berbunyi: “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tipa penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamnay dan kepercayaannya itu.

Pada sila kedua nilai instrumentalnya yakni:

  1. Pasal 26 ayat 3

Hal-hal yang mengenai warga Negara dan penduduk diatur dengan undang-undang

  1. Pasal 27 ayat 2

Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan

  1. Pasal 28

Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang

  1. Pasal 30 ayat 1

Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara

  1. Pasal 31 ayat 1

Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan

Pada sila ke tiga nilai instrumentalnya yakni:

  1. Pasal 1 ayat 1

Negara Indonesia adalah negara kesatuan, yang terbentuk republik

  1. Pasal 32 ayat 2

Negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional

  1. Pasal 36

Bendera negara Indonesia ialah sang merah putih

Pada sila ke empat nilai instrumentalnya yakni pasal 1 ayat 2 berbunyi:”kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut undang-undang dasar”

Pada sila ke lima nilai instrumentalnya yakni:

  1. Pasal 27 ayat 1

Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya

  1. Pasal 33 ayat 3

Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat

  1. Pasal 34 ayat 3

Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak

Baca juga : Lambang Garuda Pancasila

Dari paparan diatas mengenai pancasila sebagai sumber nilai, dapat diartikan bahwa pancasila mengandung nilai-nilai yang dijadikan pedoman bagi bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Semoga pembaca dapat memahami materi mengenai makna nilai nilai pancasila diatas dan semga ilmunya bermanfaat. Terimakasih pembaca sudah membaca artikel diatas.