Pengertian Wawasan Nusantara , Konsep , Hakikat, Tujuan, dan Implementasinya

By | July 23, 2019

Wawasan Nusantara – Apa arti dari wawasan nusantara? Seperti yang Anda ketahui bahwa Wawasan adalah suatu hal yang menjadi sudut pandang seberapa jauh sebuah pengetahuan tentang suatu hal, sedangkan nusantara adalah sebuah wilayah yang memiliki suatu hak dan kewajiban serta memiliki dasar negara dan lainnya. Untuk lebih mendalami lagi, dalam artikel di bawah ini akan membahas mengenai wawasan nusantara.

Berikut paparan yang akan di bahas yakni pengertian wawasan nusantara, hakikat wawasan nusantara, implementasi wawasan nusantara, tujuan wawasan nusantara, serta fungsi wawasan nusantara. Berikut langsung saja paparannya di bawah ini:

Pengertian Wawasan Nusantara

wawasan nusantara

Apa definisi wawasan nusantara? Wawasan nusantara kata lain dalam sudut pandang bangsa Indonesia berdasarkan geopolitik Indonesia. Pengertian wawasan nusantara tidak hanya itu melainkan Konsep wawasan nusantara juga berarti suatu cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan bentuk geografisnya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dengan menghargai dan mengutamakan kebhinekaan dalam mencapai tujuan nasional. Berikut di bawah ini merupakan pengertian wawasan nusantara yang sampai saat ini berkembang:

  1. Pengertian wawasan nusantara berdasarkan ketetapan majelis permusyawaratan rakyat tahun 1993 dan 1998 tentang GNHN adalah sebagai berikut: “wawasan nnusantara merupakan wawasan nasional yang bersumber pada pancasila dan berdasarkan UUD 1945 adalah cara pandang dan sikap bangsa indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional”.
  2. Pengertian wawasan nusantara menurut Prof. Dr. Wan Usman yang disampaikan pada waktu loka karya wawasan nusantara dan ketahaan nasional di Lemhannas pada bulan Januari tahun 2000: “wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam”. Beliau juga menjelaskan bahwa wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia.
  3. Pengertian wawasan Nusantara, menurut kelompok kerja wawasan nusantara, yang diusulkan menjadi ketetapan majelis permusyawaratan rakyat dan di buat di Lemhannas tahun 1999 adalah sebagai berikut: “cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persamaan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional”.

Hakikat Wawasan Nusantara

Setiap bangsa yang sudah menegara selalu memiliki cita-cita nasional yang memberikan gairah hidup dan arah dalam menentukan tujuan nasionalnya. Cita-cita nasional bangsa Indonesia sebagaimana yang dituangkan dalam alinea II pembukaan UUD 1945, esensinya adalah bahwa kemerdekaan bukanlah tujuan akhir perjuangan, melainkan merupakan alat untuk mewujudkan Negara indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Selain itu hakikat wawasan nusantara merupakan keutuhan dan kesatuan wilayah nasional atau persatuan bangsa dan wilayah. Dalam butir-butir garis besar haluan negara juga disebutkan bahwa hakikat wawasan nusantara diwujudkan dengan pernyataan bahwa kepulauan nusantara adalah satu kesatuan ekonomi, politik, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Ulas juga : Hak dan Kewajiban Warga Negara

Implementasi Wawasan Nusantara

implementasi atau penerpaan wawasan nusantara dapat kita lihat dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara di Indonesia. Berikut ini adalah implementasi wawasan nusantara:

  • Bidang politik

Implementasi wawasan nusantara di bidang politik diantaranya adalah:

  1. Pelaksanaan kehidupan berpolitik di Indonesia telah diatur dalam undang-undang, misalnya UU partai politik, UU PEMILU dan lainnya. contoh implementasi wawasan nusantara di bidang politik yaitu pelaksanaan PEMILU yang menjalankan demokrasi dan keadilan.
  2. Hukum yang berlaku di Indonesia merupakan pedoman dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  3. Menjaga dan mengembangkan sikap plurarisme dan HAM untuk mempersatukan keberagaman di Indonesia.
  4. Menjalankan komitmen politik pada lembaga pemerintahan dan partai politik dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.
  5. Keikutsertaan Indonesia dalam politik luar negeri, serta memperkuat korps diplomatik untuk menjaga seluruh wilayah Indonesia.
  • Bidang ekonomi

Implementasi wawasan nusantara di bidang ekonomi diantaranya adalah:

  1. Orientasi bidang ekonomi ini adalah pada sektor pemerintahan, industri dan pertanian.
  2. Pembangunan ekonomi yang seimbang dan adil di setiap daerah Indonesia sehingga tidak terjadi kekurangan di daerah tertentu. Otonomi daerah diharapkan dapat menciptakan berbagai upaya keadilan ekonomi tersebut.
  3. Partisipasi seluruh masyarakat Indonesia sangat berarti bagi pembangunan ekonomi. Hal ini dapat di dukung dengan pemberian fasilitas kredit mikro untuk mengembangkan usaha kecil.
  • Bidang sosial

Implementasi wawasan nusantara di bidang sosial diantaranya adalah:

  1. Upaya pelestarian dan pengembangan budaya Indonesia serta menjadikan budaya tersebut sebagai tujuan wisata yang memberikan sumber penghasilan daerah atau nasional.
  2. Menjaga keberagaman Indonesia, baik segi budaya, bahasa dan status sosial, serta mengembangkan keserasian dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Bidang pertahanan dan keamanan

Implementasi wawasan nusantara di bidang pertahanan dan keamanan adalah:

  1. Meningkatkan kedisiplinan diri, memelihara lingkungan sekitar dan melaporkan berbagai hal yang menggangu keamanan kepada aparat yang berwenang.
  2. Meningkatkan rasa persatuan yang solidaritas dalam diri anggota masyarakat, baik yang di dalam satu daerah maupun yang berbeda daerah.
  3. Membangun sarana dan prasarana bagi kegiatan pengamanan wilayah Indonesia,

Tujuan Wawasan Nusantara

Tujuan wawasan nusantara dapat dirinci sebagai berikut:

  1. Tujuan ke dalam
  2. Aspek alamiah : posisi dan lokasi geografis Indonesia, keadaan dan kekayaan alam serta keadaan dan kemampuan penduduk.
  3. Aspek sosial : ideologi, politik, ekonomi serta pertahanan dan keamanan.
  4. Tujuan ke luar

Ikut serta mewujudkan kebahagiaan, ketertiban, dan perdamaian bagi seluruh umat manusia.

Fungsi Wawasan Nusantara

Fungsi wawasan musantara dapat dikelompokkan menjadi empat kategori yaitu:

  1. Sebagai wawasan pembangunan

Wawasan nusantara memiliki fungsi dalam pembangunan Indonesia. Beberapa unsur didalamnya termasuk sosial politik, kesatuan politik, pertahanan dan keamanan negara serta ekonomi dan sosial ekonomi.

  1. Sebagai konsep ketahanan nasional

Pemahaman mengenai wawasan nusantara berfungsi sebagaikonsep ketahanan sosial yang memegang peranan penting dalam perencanaan pembangunan, kewilayahan dan pertahanan keamanan nasional.

  1. Sebagai wawasan kewilayahan

Wawasan nusantara berfungsi dalam pemahaman mengenai wawasan kewilayahan Indonesia, termasuk batas wilayah Indonesia untuk menghindari terjadinya potensi sengketa dengan negara lain.

  1. Sebagai wawasan pertahanan dan keamanan

Wawasan nusantara  juga berfungsi sebagai pertahanan dan keamanan nasional yang mengarah pada pandangan geopolitik Negara Indonesia. Pandangan ini meliputi tanah air dan segenap wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dari pparan diatas mengenai wawasan nusantara dapat disimpulkan bahwa, pengertian wawasan nusantara merupakan suatu cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan bentuk geografisnya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dengan menghargai dan mengutamakan kebhinekaan dalam mencapai tujuan nasional.

Baca juga : Otonomi Daerah

Teriamakasih kepada pembaca sudah menyimak artikel mengenai materi wawasan nusantara diatas dari awal hingga akhir, semoga bermanfaat serta pembaca dapat memahami. Mohon maaf jika dalam penulisan artikel terdapat kesalahan dalam penulisan, penulis meminta maaf yang sebesar-besarnya. Penulis sangat membutuhkan kritik dan saran dari pembaca. Agar penulis dapat membuat artikel menjadi lebih baik lagi.