Rumus Trapesium Luas Keliling, Volume dan Contoh Soalnya

By | April 14, 2019

Rumus Trapesium – Pada kesempatan kali ini akan membahas bangun datar trapesium, yaitu mengenai rumus trapesium, baik dari rumus keliling, rumus volume, rumus luas trapesium, dan pastinya juga akan memberikan beberapa contoh soal untuk mencari luas trapesium beserta pembahasannya. Akan tetapi sebelum jauh membahas rumus trapesium ada baiknya memahami apa itu trapesium.

Jadi, Trapesium merupakan bangun datar segi empat selain persegi dan persegi panjang dengan sepasang rusuknya yang ada di dalam posisi berhadapan dan sejajar, walaupun panjangnya tidak sama.

Contohnya, di trapesium ABCD, garis yang sejajar yaitu AB // CD, dengan garis yang terpajang disebut dengan alas trapesium. Sementara sepasang garis atau rusuk yang lainnya, yaitu AD dan BC disebut dengan kaki trapesium.

Jenis Jenis Trapesium

rumus trapesium

Trapesium sendiri memiliki beberapa jenis trapesium yaitu :

1. Trapesium siku siku

Trapesium siku siku ini merupakan trapesium dengan dua sudutnya yang membentuk sudut siku siku atau 90 derajat. Maka, kedua garis yang sejajar yaitu alas dan atap trapesium tegak lurus dengan salah satu garis kaki trapesium.

Garis kaki trapesium siku siku ini yang kemudian disebut dengan tinggi trapesium. Karena memiliki bentuk yang tidak simetris, rapesium ini tidak mempunyai simetri lipat, dan hanya mempunyai satu simetri putar.

2. Trapesium sama kaki

Sedangkan untuk jenis Trapesium sama kaki ini selain mempunyai dua rusuk atau garis yang sejajar, ada juga sepasang rusuk yang panjangnya sama. Maka, trapesium sama kaki bisa diartikan menjadi trapesium dengan kaki penyangga yang panjangnya sama. Oleh karena itu bangun datar jenis ini dapat dilipat menjadi dua bagian yang besarnya sama, atau di dalam istilah matematika disebut dengan mempunyai 1 simetri lipat. Sedangkan untuk simetri putar, sama saja dengan trapesim jenis yang linnya yaitu hanaya mempunyai 1 simetri putar.

3. Trapesium sembarang

Sesuai dengan arti kata sembarang, trapesium sembarang ini merpakan jenis trapesium yang bagian dari bangun datar segi empat yang dibetuk dari garis garis tidak beraturan. Di dalam artiannya sepasang garis tetap yang berhadapan dan sejajar, tapi tidak saling tegak lurus dengan garis kaki dan kedua garis kaki tidak juga memiliiki ukuran pajang yang sama.

Karena bentuknya yang tidak beraturan itu, bangun datar ini tidak mempunyai simetri lipat dan hanya dapat dipuar sebanyak` 1 kali.

Rumus Trapesium

Nah setelah memahamai apa itu trapesium, berikut akan dijelaskan beberapa rumus trapesium, baik dari rumus trapesium untuk mencari kelilingnya, rumus luas trapesium, dan juga rumus trapesium mencari volumenya. Simak penjelasannya di bawah ini :

1. Rumus keliling trapesium

Untuk menghitung keliling dari sebuah bangun datar trapesium bisa diartikan dengan menghitung semua tepian bangun datar trapesium. Maka, unutk menhitung keliling trapesium yaitu hanya saja menjumlahkan keempat garis atau rusuk dari trapesium. Berikut adalah rumus keliling trapesium yaitu :
Keliing trapesium ( K ) = AB + BC + CD + DA

Contoh Soal Mencari Keliling Trapesium 

Nah untuk contoh soal keliling trapesiumnya di bawah ini :

• Terdapat sebuah trapesium sama kaki ABCD yang mempunyai pajang sisi sejajar berturut turut 8 cm dan 12 cm, dan sisi tegak trapesium atau kaki trapesium yaitu 5 cm. maka hitunglah keliling trapesium ABCD di atas !
Penyelesaian :

Diketahui :
Panjang AB = 12 CM
Panjang BC = DA = 5 cm
Panjang CD = 8 cm

Jawab :
Keliling trapesium = AB + BC + CD + DA
= 12 + 5 + 8 + 5
= 30 cm

2. Rumus luas trapesium

Seharusnya, rumus luas trapesium didapat dari perumpamaan bangun datar trapesium dengan jajaran genjang. Dua buah trapesium yang konguren dan dengan tinggi yang sama, apabila digabungkan dapat membentuk bangun datar jajar jenjang. Maka bisa disimpulakan bahwa luas trapesium sama dengan setengah kali luas jajar genjang. Dengan tinggi yang sama dengan tinggi trapesium dan alasa yang sama dengan jumlah kedua sisi sejajar trapesium. Berikut ini adalah rumus luas trapesium yaitu :
Luas trapesum = ½ ( jumlah sisi sejajar x tinggi trapesium ) Dengan jumlah sisi sejajar = AB + CD ( alas dan atap trapesium )

Contoh Soal Mencari Luas Trapesium

Nah berikut ini adalah contoh soal mencari luas trapesium, yaitu :

• Terdapat sebuah trapesium CDEF mempunyai panjang sisi sejajar berurut urut 5 cm dan 9 cm dan tinggi 6 cm. jadi, berapa luas trapesium di atas ?
Penyelesaian :
Luas = ½ x ( CD + EF ) x t
= ½ x ( 5 + 9 ) x 6
= ½ x 84
= 42
Maka, luas trapesium di atas 42 cm.

3. Rumus volume trapesium

Tidak hanya melulu tentang laus dan keliling saja, akan tetapi juga harus paham dengan rumus volume trapesium atau prisma trapesium. Prisma trapesim merupakan bangun ruang tiga dimensi dengan alas yang bentuknya trapesium. Rumusnya sebagai berikut :
V = luas alas trapesium x tinggi prisma atau ( ½ ( jumlah sisi sejajar x tinggi trapesium )) x tinggi prisma.

Baca juga : Rumus Tabung

Demikian penjelasan mengenai rumus trapesium, nah lalu bagaimana dengan rumus trapesium siku siku? Untuk sema jenis trapesium menggunakan rumus yang sama seperti di atas, tidak hanya mengenai rumus trapesium saja akan tetapi juga memberikan contoh soal mencari luas trapesium dan juga kelilingnya.