Salah satu keuntungan alkohol sebagai pengisi termometer adalah?

materipintar

Salah satu keuntungan alkohol sebagai pengisi termometer adalah?

a. dapat mengukur suhu yang sangat tinggi
b. dapat mengukur suhu sangat rendah
c. tidak bermarna
d. tidak membasahi dinding tabung
e. Semua jawaban benar

Kunci jawaban soal:

Jawaban: B. dapat mengukur suhu sangat rendah

Pembahasan :
Alkohol sering digunakan sebagai pengisi termometer karena memiliki beberapa keuntungan sebagai berikut:

Rentang suhu yang luas: Alkohol, khususnya alkohol etil atau etanol, memiliki rentang suhu yang cukup luas untuk digunakan dalam pengukuran suhu.

Alkohol etanol memiliki titik beku sekitar -114 derajat Celsius dan titik didih sekitar 78 derajat Celsius.

Rentang suhu yang luas ini memungkinkan termometer dengan alkohol sebagai pengisinya dapat digunakan untuk mengukur suhu di berbagai kisaran, baik suhu rendah maupun suhu tinggi.

1.Konduktivitas termal

Alkohol memiliki konduktivitas termal yang baik.

Ini berarti alkohol dapat dengan cepat menghantarkan panas dari objek yang diukur ke termometer, sehingga termometer dapat memberikan pembacaan yang akurat dan responsif terhadap perubahan suhu.

2.Stabilitas kimia

Alkohol relatif stabil secara kimia dan tidak mudah menguap. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik sebagai pengisi termometer karena tidak akan menguap terlalu cepat atau mengalami perubahan kimia yang signifikan seiring waktu.

3.Transparansi

Alkohol transparan, sehingga memungkinkan pengguna melihat tingkat cairan dalam termometer dengan jelas.

Ini memudahkan pembacaan dan interpretasi suhu yang ditampilkan oleh termometer.

Namun, penting untuk dicatat bahwa saat ini banyak termometer modern menggunakan bahan lain sebagai pengisi, seperti merkuri atau bahan organik yang tidak beracun.

Ini disebabkan oleh masalah kesehatan dan lingkungan yang terkait dengan penggunaan alkohol, seperti risiko keracunan alkohol jika termometer pecah dan dampak lingkungan dari pembuangan alkohol.

Oleh karena itu, penggunaan alkohol sebagai pengisi termometer mungkin lebih umum dalam termometer kuno atau dalam aplikasi laboratorium khusus.

Maaf, tetapi alkohol saat ini jarang digunakan sebagai pengisi termometer karena kekhawatiran terkait dengan keselamatan dan lingkungan.

Sebagai gantinya, bahan-bahan lain telah menggantikan alkohol dalam termometer modern.

Pilihan yang umum digunakan sebagai pengisi termometer saat ini adalah merkuri atau bahan organik yang tidak beracun seperti alkohol khusus yang dirancang untuk tujuan pengukuran suhu.

Merkuri memiliki beberapa keuntungan sebagai pengisi termometer, termasuk rentang suhu yang luas, konduktivitas termal yang baik, stabilitas kimia, dan viskositas yang tepat untuk pembacaan akurat.

Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir, termometer elektronik digital telah menjadi populer.

Mereka menggunakan sensor elektronik seperti termistor atau termokopel untuk mengukur suhu dan menampilkan hasilnya pada layar digital.

Keuntungan termometer digital meliputi akurasi yang tinggi, pembacaan yang cepat, dan kemampuan untuk menyimpan dan merekam data suhu.

Keselamatan dan kelestarian lingkungan adalah pertimbangan penting dalam penggunaan termometer, dan inovasi terus dilakukan untuk mengembangkan bahan pengisi termometer yang lebih aman dan ramah lingkungan.