Teks Proklamasi Kemerdekaan Asli Beserta Gambar dan Isinya

By | August 5, 2019

Teks Proklamasi Kemerdekaan – Jika Anda warga Indonesia pasti akan tahu dengan teks proklamasi kemerdekaan, yaaa teks proklamasi kemerdekaan dibacakan ketika 17 Agustus 1945, lalu apakah Anda ingat mengenai isi teks proklamasi? Dan apakah Anda tahu teks proklamasi ada dua jenis. Nah, untuk lebih lanjutnya yuk simak artikel di bawah ini, karena akan dibahas mengenai teks proklamasi (46000). Nah, apa aja yang bakal di bahas? Sebagai berikut ini: Teks proklamasi kemerdekaan, jenis teks proklamasi dan gambar teks proklamasi. Yuk langsung saja simak di bawah ini.

Sejarah Teks Proklamasi Kemerdekaan

teks proklamasi kemerdekaan

Apa itu teks proklamasi ? Teks proklamasi merupakan suatu pemberitahuan atau pengumuman kepada publik dengan semangat rela berjuang, berjuang dengan hakiki, tulus dan penuh idealisme dengan mengesampingkan segala kepentingan diri sendiri.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pada tanggal 17 Agustus 1945 hari jum’at, Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Hal ini ditandai dengan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Ir. Soekarno, dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta bertempat di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat pukul 10.00 pagi.

Teks proklamasi kemerdekaan yang dibacakan Soekarno sebelumnya telah dirumuskan terlebih dahulu. Proses penyusunan teks proklamasi dilakukan oleh Ir. Soekarno, Moh. Hatta dan Achmad Soebardjo pada tanggal 16 Agustus 1945 mulai pukul 02.00 sampai 04.00 dini hari di kediaman Laksamana Tadashi Maeda di Jalan imam bonjol No. 1. Proses penyusunan teks juga disaksikan oleh Soekarni, B. M. Diah dan Sudiro.

Perumusan teks proklamasi ditulis sendiri secara langsung oleh Soekarno. Kemudian atas usul Sukarni, teks proklamasi ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan Drs Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Kemudian teks proklamasi kemerdekaan diketik oleh Sayuti Melik.

Jenis Teks Proklamasi

Tahukah kamu? Bahwa teks proklamasi kemerdekaan yang dibacakan bukanlah naskah pertama kali dirumuskan. Ada bebrapa perubahan kecil yang dilakukan dari naskah awal hingga naskah resmi yang dibacakan saat proklamasi. Pada dasarnya ada dua jenis teks proklamasi, yaitu versi naskah Klad dan naskah teks proklamasi yang asli aatau otentik. Berikut penjelasannya:

  • Teks proklamasi klad

Teks proklamasi versi kalad adalah konsep teks proklamasi asli hasil tulisan tangan Soekarno. Versi ini merupakan konsep perumusan naskah proklamasi yang pertama. Penyusunan teks proklamasi klad dilakukan di rumah Laksamana tadashi maeda pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 02.00 sampai 04.00 dini hari. Naskah ini di tulis oleh Soekarno, sementara Drs. Mohammad Hatta dan Achmad Soebardjo mengungkapkan pemikirannya secara lisan.

Diantara tokoh yang turut datang saat perumusan naskah proklamasi klad antara lain adalah B. M. Diah, Sayuti Melik, Sukarni dan Soediro. Ada juga beberapa tokoh Jepang yang turut hadir saat perumusan naskah proklamasi. Kalimat pertama teks proklamasi adalah saran Ahmad Soebardjo yangdi ambil dari rumusan Badan penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Sementara kalimat terakhir disarankan oleh Mohammad Hatta.

Sempat terjadi perdebatan mengenai pemilihatn kata yang digunaka. Awalnya sempat akan digunakan kata “penyerahan” atau “merebut”, namun pada akhirnya digunakan kata “pemindahan kekuasaan” agar terkesan lebih etis.

Berikut adalah gambar dan tulisan teks proklamasi Klad :

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal2 jang mengenai pemindahan kekoesaan d.l.l., diselenggrakan dengan tjara seksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, 17 – 8 – ’05

Wakil2 bangsa Indonesia.

teks proklamasi

Namun proklamasi klad ini sempat di tinggal dan bahkan di buangke tempat sampah di rumah Laksamana Tadashi Maeda. Kemudian B. M. Diah menyelamatkan naskah bersejarah ini dari tempat sampah dan menyimpannya selama 46 tahun 9 bulan 19 hari. Ia kemudian menyerahkan teks asli ini kepada Presiden Soeharto di Bina Graha pada tanggal 29 Mei 1992. Kini teks proklamasi asli ini bisa diketahui secara luas oleh masyarakat.

  • Teks proklamasi otentik

Teks proklamasi otentik ini merupakan hasil perubahan naskah proklamasi klad yang kemudian di ketik oleh Sayuti Melik, seorang tokoh pemuda yang turut berjasa dalam persiapan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Beberapa perubahan antara teks proklamasi otentik dan versi klad antara lain adalah:

  1. Kata “Proklamasi diubah menjadi “PROKLAMASI” dengan huruf kapital semua
  2. Kata “tempoh” diubah menjadi “tempo”
  3. Kata “hal2” diubah menjadi “hal-hal”
  4. Kata “wakil-wakil bangsa Indonesia” diubah “atas nama Bangsa Indonesia”
  5. Kata “17-8-05” menjadi “hari 17 boelan 8 tahoen ‘05”
  6. Di bagian bawah ditambahkan tandatangan Soekarno dan Hatta

Hasil dari naskah proklamasi otentik yang mengalami perubahan dan di ketik oleh Sayuti Melik inilah yang dibacakan Ir. Soekarno saat proklamasi kemerdekan pada tanggal 17 Agustus 1945. Berikut merupakan gambar teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang asli dan otentik.

teks proklamasi asli

PROKLAMASI

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoesaan d.l.l., diselenggrakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen ’05

Atas nama bangsa Indonesia.

Soekarno/ Hatta.

Sebagai catatan tahun pada teks naskah proklamasi klad atau otentik tertulis tahun 05, bukan 45 atau 1945. Hal ini merupakan kependekan dari 2605 karena tahun penanggalan yang dipergunakan pada zaman pemerintah pendudukan militer Jepang saat itu menyesuaikan tahun penanggalan yang berlaku di Jepang saat itu yakni tahun 2065.

Teks proklamasi Sesuai EYD. Akibatnya banyak kata-kata dengan ejaan lama yang digunakan, misalnya “cara” di tulis “tjara” serta “kekuasaan” di tulis “kekoesaan”. Tentu akan lebih bagus jika teks proklamasi di tulis sesuai ejaan sekarang agar lebih mudah di baca dan dipahami maknanya oleh generasi muda. Berikut merupakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang sudah disesuaikan dengan ejaan yang disempurnakan (EYD) saat ini.

P R O K L A M A S I

Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggrakan dengan tjara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Jakarta, 17 Agustus 1945

Atas nama bangsa Indonesia.

Sukarno-Hatta.

Penggunaan kata dan ejaan pada naskah proklamasi mengunakan ejaan lama. Sementara ejaan baru mulai digunakan sejak tahun 1972 yaitu ejaan yang disempurnakan (EYD). Dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa teks proklamasi merupakan suatu pengumuman yang disajikan untuk publik, serta menyatakan kemerdekaan atau semangat juang yang tulus hakiki terhadap bangsa atau negara.

Baca juga : Bhinneka Tunggal Ika

Terimakasih kepada pembaca yang sudah menyimak dari awal hingga akhir, semoga ilmunya bermanfaat. Dan mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan artikel mengenai teks proklamasi asli diatas. Penulis membutuhkan kritik dan saran dari pembaca, agar penulisan artikel berikutnya menjadi lebih baik lagi dan mudah dipahami pembaca.